Berita ISBI Bandung

Bertempat di Gedung Sunan Ambu ISBI Bandung, Fakultas Seni Pertunjukan Jurusan Teater mengadakan Seminar Internasional, bertema “Membaca Teater: Fenomena, Pendidikan, Kebangsaan” pada Rabu (15-11-2017). Seminar ini diselenggarakan untuk mengungkap fenomena teater di masing-masing negara.  

Pembukaan dihadiri oleh  Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar sekaligus menjadi Keynote Speaker pada Seminar Internasional ini, beliau menyampaikan hubungan antara seni pertunjukan (teater) dengan peningkatan devisa negara. Beliau mengatakan seni pertunjukan yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif dapat menjadi masa depan ekonomi negara. Secara nasional, ekonomi kreatif berkontribusi signfikan terhadap devisa negara sebesar Rp 119 Triliun atau 5,72 persen dari total ekspor nasional. Kontribusi terbesar didominasi tiga sub sektor yaitu, kuliner, fashion, dan kriya. Lebih lanjut beliau menjelaskan, industri seni pertunjukan masih memberikan kontribusi yang kecil. Beliau ingin mendorong agar seni pertunjukan dapat menjadi satu di antara industri yang berdampak signifikan terhadap kemajuan ekonomi kreatif."Kontribusi seni pertunjukan baru 0,26%. Apakah karena pertunjukannya tidak ada? Saya kira teater bisa dimana saja, diharapkan teater dapat dipentaskan di sekitar kawasan wisata dengan mengangkat kearifan lokal sehingga menjadi daya tarik baru wisatawan. Di saat yang sama teater berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan. 

 

 

Rektor ISBI Bandung, Dr. Een Herdiani dalam sambutan pembukaan acara Invitation To The Theater mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia acara ini sudah terselenggara ketiga kalinya dan kali ini bertaraf internasional diharapkan diselenggarakan tiap tahun. Keynote Speaker Seminar Internasional ini adalah Slamet Raharjo (Indonesia), Zefri Ariff (Brunei Darussalam), Dr. Benny Yohannes (Indonesia), Dr. Marco stahihut (Jerman), Zakaria Arifin (Malaysia), Dr. Jaeni (Indonesia), Abu Zar Bin Abdullah (Brunei Darussalam). Pada acara Invitation To The Theatre terdiri dari dua kegiatan besar yaitu Seminar Internasional dan pagelaran teater yang menghadirkan pertunjukan teater dari Brunei Darussalam-Zefri Ariff akan bermonolog dan  dari Indonesia, Sutradara Rahman Sabur judul pertunjukan Blackout Munir akan ditampilkan pada tanggal 16 November 2017 Pukul 20.00WIB dan Pertunjukan yang disutradarai oleh Fathul A. Husein berjudul Suara-suara Mati 15 November 2016 Pukul 20.00WIB. (IR).

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Seni Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT