Berita ISBI Bandung

Hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Jika 17 tahun lalu Predikat Jember sebagai kota karnaval hanyalah mimpi, 17 tahun kemudian mimpi besar itu telah terwujud berkat event Jember Fashion Carnaval yang digagas oleh Dynand Fariz (Founder/ President JFC). Jember Fashion Carnaval pun telah meraih predikat event terbesar ke tiga dunia setelah Notting Hill, Amerika Serikat dan Reunion, Perancis. Tentunya hal tersebut bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.
Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan event tahunan yang diselenggarakan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tahun 2018 ini telah menjadi penyelenggaraan kegiatan JFC ke-17.

Jika sebelumnya JFC selalu berkaitan dengan tema kebudayaan Indonesia, maka tahun ini akan mengangkat tema kebudayaan di negara Asia. Asia Light (Cahaya Asia) merupakan tema yang telah diusung dengan harapan Asia dapat unggul dalam bidang apapun. Tema ini diambil mengingat Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2018 di Jakarta dan Palembang, sedangkan event JFC dilaksanakan 7-12 Agustus 2018.
Kegiatan tersebut akan menampilkan beragam kostum dengan 10 subtema yang telah dirancang khusus, diantaranya Kujang (Indonesia), Bian Lian (China), Shogun (Jepang), Silla (Korea), Ottoman (Turki), Stars, Babilonia, Thailand, Arab Saudi, dan India. Rangkaian kegiatan karnaval tersebut meliputi Pet Carnival, Kids Carnival, Rhytm Carnival,Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) Carnival, dan Grand Carnival. Karya peserta JFC tersebut juga akan tampil kembali dalam Asian Games. Kostum tersebut dibuat tentu saja bukan dalam rangka mengikuti trend tetapi justru bisa menciptakan trend dimana meng-create sesuatu yang tidak ada menjadi ada.
Pada tahun sebelumnya, prodi D4 Tata Rias dan Busana mengirim beberapa mahasiswanya untuk ikut serta dalam kegiatan JFC dan berhasil meraih penghargaan sebagai Best Costume dan Unique Costume. Hal tersebut tentunya bisa memotivasi angkatan berikutnya untuk mengulangi keberhasilan yang sama. Dari hal tersebut juga terbukti bahwa event  yang digelar JFC dapat mengundang rasa antusias yang besar juga memberikan dampak baik bagi masyarakat luas.
Maka dari itu, event JFC dapat menginspirasi karnaval di seluruh nusantara bahkan mancanegara. Diharapkan juga tema Asia Light ini dapat mengubah posisi JFC yang sebelumnya berada di posisi tiga besar menjadi nomor satu event karnaval terbesar di dunia. -Nurul Qurrota Ayun-

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT