Berita ISBI Bandung

Darmasiswa adalah sebuah program beasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia kepada mahasiswa asing dari negara-negara sahabat yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Program yang diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Luar Negeri ini memberikan kebebasan kepada para mahasiswa asing untuk memilih universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tahun akademik 2017/2018, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung kembali menerima mahasiswa asing yang ingin mengenal dan mempelajari seni dan budaya Indonesia, khususnya seni dan budaya Sunda.

Berawal dari bulan Agustus tahun 2017, sebanyak 18 orang mahasiswa asing dari beberapa negara memulai perkuliahan mereka di ISBI Bandung. Ketika belajar di ISBI Bandung selama 2 semester, mereka mempelajari berbagai macam kesenian, seperti membatik, melukis, membuat patung, mempelajari tari tradisional Sunda, memainkan gamelan, memainkan kacapi, suling,dan juga tarawangsa. Selain itu, mereka juga mendatangi festival dan acara-acara budaya lokal di daerah Jawa Barat.

Di akhir program kuliah para mahasiswa asing, mereka mengadakan acara A Fun “Munggahan” Day with Darmasiswa ISBI Bandung. Acara tersebut dimaksudkan sebagai closing ceremony sekaligus ajang untuk menampilkan hasil pembelajaran mereka selama mengikuti program darmasiswa di ISBI Bandung. Dengan disisipkan kata ‘munggahan’ dimaksudkan juga agar mereka mengetahui dan menghargai budaya munggahan dalam menyambut bulan Ramadhan di Tanah Sunda yang mayoritas beragama Islam.

Dalam acara tersebut menampilkan Tari Keser Bojong oleh Ozlem (Azerbaijan), Kristina (Ceko), Anna Diurina (Rusia); Kacapi Suling Cianjuran dan Kawih oleh Jade (Inggris) dan Anthony Guadalupe (Amerika); Tari Cikeruhan oleh Ozlem (Azerbaijan), Anna Diurina (Rusia), dan Anthony Guadalupe(Amerika); Memainkan Gamelan oleh Anna Kucharek (Polandia), Jade (Inggris), Anthony Guadalupe (Amerika), Kristina (Ceko), dan Anna Diurina (Rusia); Tarawangsa oleh Jade (Inggris) dan Ellen (Walles); dan juga pameran dari hasil karya seni berupa batik, lukisan, dan patung dari Hager (Mesir), Lejla (Slovakia), Illsio dan Fransisco (Timor Leste), Mandeep (Nepal), Gulmira (Kazakhstan), Olha (Kazakhstan), dan Inesa (Lithuania).

Rektor ISBI Bandung Dr. Hj. Een Herdiani, S. Sen., M. Hum., dalam kesempatan tersebut turut memeriahkan dan memberikan kejutan dengan menampilkan tari Topeng Tumenggung, lalu para mahasiswa asing pun secara mendadak mengiringi tarian tersebut dengan Gamelan Salendro. Setelah itu, Rektor ISBI Bandung kemudian menutup program darmasiswa ISBI Bandung tahun 2017/2018 dengan menyatakan raasa bangganya kepada para mahasiswa asing.

 

“Kami dari ISBI Bandung sangat bangga kepada mereka karena memiliki kemampuan cepat tanggap dalam mempelajari seni dan budaya Sunda. Bahkan diantara mereka ada yang bisa menuturkan bahasa Sunda. Diharapkan mereka bisa memberitahukan mengenai Indonesia khususnya Sunda kepada anak-anak muda di negara-negara asal mereka,” ungkapnya.*** (Humas ISBI Bandung/Agung)

 

 

  • MUNGGAHAN ALA MAHASISWA DARMASISWA ISBI BANDUNG_1
  • MUNGGAHAN ALA MAHASISWA DARMASISWA ISBI BANDUNG_2
  • MUNGGAHAN ALA MAHASISWA DARMASISWA ISBI BANDUNG_3
  • MUNGGAHAN ALA MAHASISWA DARMASISWA ISBI BANDUNG_4
  • MUNGGAHAN ALA MAHASISWA DARMASISWA ISBI BANDUNG_5

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Seni Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT