Kerjasama Dalam Negeri

Kerjasama Dalam Negeri

15 Mitra Potensial Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama dengan ISBI Bandung Tuk Lahirkan Generasi Unggul Berkompeten



Setiap Perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana yang tercantum dalam UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9. Disamping itu perguruan tinggi juga memiliki peran yang esensial dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Hal ini sejalan dengan tujuan yang telah dicanangkan oleh Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung yakni menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, terdidik, terampil, dan profesional di bidang seni budaya yang memiliki kepekaan dalam menjawab tantangan zaman. Tentunya untuk dapat mencapai tujuan ini ISBI Bandung memerlukan dukungan dan kolaborasi dari berbagai kalangan masyarakat. Oleh karenanya ISBI Bandung menyelenggarakan Pameran Jejaring Industri pada kamis (25/11/2021) bertempat di Ballroom Hotel Fox Harris Lite Metro Indah Bandung.


Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerja Sama ISBI Bandung Dr. Suhendi Afryanto, S.Kar., MM. mengatakan bahwa Pameran Jejaring Industri ini menjadi sarana bagi ISBI Bandung untuk dapat bersinergi lebih jauh dengan mitra dalam mewujudkan program-program bersama.

“Kami juga menginginkan adanya respon dari stakeholder dimana kehadiran ISBI Bandung sebagai perguruan tinggi yang tidak dapat berdiri sendiri namun membutuhkan sinergitas terutama dalam mencoba mengimplementasikan dari apa yang kami lakukan dalam proses belajar mengajar,” imbuhnya

Pada acara ini, ISBI Bandung melaksanakan penandatangan perjanjian kerja sama antara tiga Fakultas ISBI Bandung dengan 14 institusi yaitu:

ISBI Bandung dengan FOX HARRIS Lite Metro Indah Bandung


Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISBI Bandung:
- Program Studi Tari dengan Inten Dewangga;
- Program Studi Karawitran dengan Kacapaesan dan Pengrajin Gamelan Purba Laras;
- Program Studi Teater dengan Inspira TV; dan
- Program Studi Angklung dan Musik Bambu dengan Sekolah Tinggi Musik Bandung.

 
 

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISBI Bandung:
- Program Studi Kriya Seni dengan Bandung Performing Arts Forum dan Kelompok Aktor Piktorial
- Program Studi Seni Rupa Murni dengan PT Artes Indonesia Raya, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung dan Artland Bandung

 

Fakultas Budaya dan Media (FBM) ISBI Bandung:
Program Studi Televisi dan Film dengan Inspira TV, Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor.

 
 
FSP ISBI Bandung memiliki 5 prodi yakni Seni Tari (S1), Seni Teater (S1), Angklung dan Musik Bambu (D4), Seni Karawitan (S1) serta Seni Tari Sunda (D4). Dekan FSP ISBI Bandung Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn. sangat mendukung kegiatan ini yang sesuai dengan program dari Kemendikbudristek.

“MBKM sekarang sedang menjadi primadona, lalu pemenuhan 8 IKU yang diantaranya kegiatan ini untuk mendukung IKU nomer 6 yaitu adanya kerja sama kemitraan,” tuturnya saat memberikan sambutan.


Dr. Lilis berharap dengan adanya berbagai keunggulan-keunggulan prodi yang ada di FSP ISBI Bandung dapat menarik minat para stakeholder untuk jalin kerja sama yang disesuaikan dengan program mereka dan memberikan dukungan misalnya berupa penyediakan peluang magang dan beasiswa bagi mahasiswa serta kesempatan kerja bagi lulusan ISBI Bandung.

FSRD ISBI Bandung memiliki tiga prodi: Seni Rupa Murni (S1), Tata Rias dan Busana (D4) serta Kriya Seni (D3). Dr. Supriatna, S.Sn., M.Sn. selaku Dekan FSRD ISB Bandung juga menuturkan bahwa selain proses belajar mengajar, FSRD ISBI Bandung memiliki program pembinaan desa-desa terutama di daerah Jawa Barat.


“Selain proses belajar mengajar, kami juga membina desa. Kami juga sering menjuarai berbagai festival busana baik di dalam maupun luar negeri, kami memiliki ciri khas seni rupa tradisi dimana konsepnya berangkat dari tradisi,” tuturnya saat mengenalkan FSRD ISBI Bandung di depan tamu undangan.

FBM ISBI Bandung yang merupakan fakultas paling bungsu akan tetapi mendapatkan animo masyarakat yang cukup fantastis dengan mempunyai dua prodi: Antropologi Budaya (S1) dan Televisi & Film (D4). Hal ini dibuktikan dengan FBM menjadi peringkat tertinggi dari jumlah calon mahasiswa yang antri ingin masuk sebagai mahasiswa fakultas tersebut. Dekan FBM ISBI Bandung Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sn. menyebutkan dengan program MBKM yang digadang-gadang oleh Mendikbudristek, FBM telah banyak melakukan kerja sama seperti pada kegiatan Festival Budaya Nusantara dan Festival Film Budaya Nusantara yang mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik dari instansi pemerintah maupun swasta. Selain itu pada tahun 2021 ini FBM berhasil mendapatkan hibah dan beasiswa.

“Pada tahun ini kami mendapatkan hibah dari Kemensos berupa pejuang muda dimana ISBI Bandung dimana 1 orang mahasiswa karawitan dan 4 orang mahasiswa FBM, FBM juga mendapatkan fasilitasi dari Kemendikbudristek. Mahasiswa Antropologi Budaya juga mendapatkan beasiswa dari Dispora Kabupaten Bogor,” ucap Dr. Sri.

 

Pada kegiatan ini, setiap fakulas menyuguhkan salah satu karya unggulan mereka dihadapan para undangan. FSP menampilkan Tari Mayang Inten karya kolaborasi dosen prodi seni tari dengan prodi seni karawitan yaitu Ibu Riyani Sosilawati, S.Sen., M.Si. sebagai Penata Tari dan Bapak Dr. Lili Suparli, M.Sn. sebagai Penata Karawitan. Karya ini menceritakan tentang Mayang Inten sebagai gambaran ragam gerak putri pilihan yang dirangkai dalam satu paduan yg saling melengkapi sebagaimana cerminan putri/perempuan Sunda “silih asah silih asih,silih asuh. Dari FSRD unjuk karya dari prodi Tata Rias dan Busana berupa fashion show busana carnaval yang pernah ditampilkan pada salah satu event roadshow fashion berskala internasional yang diadakan setiap tahun di Jember, Jawa Timur yakni Jember Fashion Carnaval (JFC) yang memamerkan karya-karya fashion dari dalam dan luar negeri dengan tema-tema yang berbeda tiap tahunnya. Kemudian Fakultas Budaya dan Media menyajikan penampilan dari prodi antropologi budaya yakni musik karinding yang merupakan salah satu alat musik tradisional Sunda yang dimainkan dengan cara disentil oleh ujung telunjuk sambil ditempel di bibir, biasanya dibuat dari bahan pelepah aren atau dari bambu. Tiga pertunjukan ini pun sangat memukau dan berhasil mengundang decak kagum yang melihatnya.

 
Acara ini juga dihadiri oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Barat yang diwakilkan oleh Drs. H. Tubagus Basit Subahi Wakil Ketua Umum Bidang SDM dan Ketenagakerjaan. KADIN adalah sebuah induk organisasi dunia usaha yag berfungsi untuk menciptakan iklim dunia usaha yang kondusif dan memberikan pembinaan, daya dorong terhadap industri dan semua dunia usaha.

“Kami KADIN berharap bahwa lulusan setiap perguruan tinggi khususnya ISBI Bandung, memiliki lulusan yang memang ketika lulus mereka tidak kalah bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Oleh karena itu diharapkan bahwa kami siap bermitra dengan perguruan tinggi untuk membangun sebuah kolaborasi terutama mengenai membangun kerja sama yang kaitannya dengan pemagangan dan mengenai pendistribusian lulusan dari perguruan tinggi,”ujarnya ketika memberi sepatah kata.

Ia juga menyebutkan satu hal yang terpenting adalah bagaimana menciptakan lulusan ISBI Bandung yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing yang dapat berkolaborasi dengan bidang lain sehingga bersama-sama membangun, mengangkat harkat dan derajat seni budaya khususnya Jawa Barat.

CEO Inspira TV Rian Herdiansyah yang juga alumni prodi Teater ISBI Bandung (yang kala itu masih bernama STSI) ikut berbagi cerita bahwa SDM di Inspira TV pada posisi-posisi strategis diisi oleh lulusan dari STSI dan ISBI Bandung. Beberapa kerja sama sudah terjalin antara Inspira TV dengan ISBI Bandung, mulai dari media partner, peliputan, profiling, sampai kepada penerimaan mahasiswa yang magang di Inspira TV.

“Bahkan beberapa mahasiswa yang selesai magang di Inspira TV yang memiliki potensi, masih kita libatkan tetap menjadi kru di Inspira TV yang kemudian kita bayar secara professional, termasuk salah satu karya mereka adalah video dari BPNB yang berjudul Warisan Indonesia, juga melibatkan alumni ISBI Bandung dalam proses pengerjaanya,” jelasnya.

Ia berharap ini menjadi langkah keikutsertaan Inspira TV dalam menguatkan kerja sama di bidang pendidikan khususnya melalui media penyiaran yang mereka berikan.

Pameran jejaring industri ini ingin terus dilakukan dalam rangka meluaskan dan melebarkan jejaring ISBI Bandung, terutama dalam menyukseskan program MBKM yang tentu salah satu tujuannya untuk dapat memfasilitasi mahasiswa dengan kebutuhan-kebutuhan industri saat ini.

“Tentu saja kerja sama yang ingin kami bangun, bagaimanapun kita bisa menitipkan mahasiswa-mahasiswa kami untuk lebih meningkatkan kompetensi dan pengalaman-pengalamannya di luar kampus, karena itu menjadi suatu kewajiban, walau pun itu pilihan bagi para mahasiswa tetapi bagi yang mengikuti program MBKM, saya kira mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang lain dari pada kebiasaan di kampus,” tutur Rektor ISBI Bandung Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum.

Sebelum menutup pameran ini Prof. Een berharap acara semacam ini tidak hanya sebatas pertemuan dan memamerkan karya-karya akan tetapi akan ada langkah tindak lanjut yang dilakukan para industrial yang datang pada kesempatan ini.

Pada acara ini, juga turut hadir alumni ISBI Bandung yang memamerkan berbagai hasil karya sesuai dengan keahlian mereka masing-masing yakni:
- Iwa Permana,alumni Prodi Seni Tari FSP ISBI Bandung (Owner Inten Dewangga);
- Anzar Mustikowati, alumni Prodi Seni Teater FSP ISBI Bandung;
- Bunga Dessri Nur Ghaliyah, alumni Prodi Seni Karawitan FSP ISBI Bandung;
- Raden Bangun Nurraga, alumni Prodi Angklung dan Musik Bambu FSP ISBI Bandung;
- Wanti Amelia, alumni Prodi Seni Rupa Murni FSRD ISBI Bandung;
- Shafanissa Ganefiani, alumni Prodi Tata Rias dan Busana FSRD ISBI Bandung;
- Eko Bambang Wisnu Nugroho, alumni Prodi Kriya Seni FSRD ISBI Bandung;
- Rangga Hermawan, alumni Prodi Antropologi Budaya FBM ISBI Bandung;
- Regiansyah Pratama, alumni Prodi TV dan Film FBM ISBI Bandung;
- Muhammad Zainal Arifin, alumni Prodi Pascasarjana ISBI Bandung.

Melalui pameran ini diharapkan dapat makin memperluas pandangan para tamu akan perguruan tinggi seni bahwa lulusannya memiliki masa depan yang tak kalah menjanjikan dari lulusan perguruan tinggi nonseni lainnya.

Adapun tujuan dari pameran ini sebagaimana yang sampaikan oleh Dr. Suhendi adalah

1. Dalam rangka memenuhi indeks kinerja utama (IKU) perguruan tinggi yang merupakan integral Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi dimana setiap tahunnya ISBI Bandung ingin membuka diri kepada masyarakat sebagai pertanggungjawaban dari program dan proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh ISBI Bandung;

2. Setiap saat ISBI Bandung ingin bersosialisasi dengan masyarakat sebagai sumber belajar khususnya yang berkaitan dengan seni dan budaya yang berkembang di tengah masyarakat;

3. Dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama pada acara ini dapat mewujudkan keinginan ISBI Bandung untuk terus bersinergi membina hubungan baik dengan mitra dan segera terealisasikannya kegiatan tindak lanjut dari kerja sama yang telah disepakati.

Bagi ISBI Bandung merupakan kebanggaan dapat bekerja sama dengan mitra yang luar biasa, Semoga ikhtiar yang dilakukan kedua belah pihak dapat berjalan sesuai dengan kesepakatan serta mewujudkan cita-cita bangsa dan negera serta memberikan manfaat bagi transformasi pendidikan di Indonesia.

 

ISBI Bandung

Pusat Kreativitas Berbasis Manajemen Seni dan Jaringan

Kampus Merdeka-Indonesia Jaya

Kerjasama Riset Keilmuan LPPM ISBI Bandung dan LP2MP3M ISI Surakarta


Pengembangan riset keilmuan menjadi prioritas Perguruan Tinggi Seni dalam mengembangkan keilmuan lintas disiplin dan kolaborasi. Hal ini menjadi salah satu program kerjasama yg dijalin LPPM ISBI Bandung dan LP2MP3M ISI Surakarta., yang ditandatangani dalam perjanjian kerjasama pada hari Rabu, 15 September 2021 di kampus ISI Surakarta.

Kerjasama ini melibatkan civitas akademika di kedua institusi yang dimulai dari tahun 2021 sampai 2024. Penandatanganan kerjasama ini ditandatangani oleh ketua LPPM ISBI Bandung Dr. Wanda Listiani, S.Sos., M.Ds. dan ketua LP2MP3M Dr. Slamet, M.Hum., yang disaksikan oleh Sekretaris dan Kepala Pusat dari kedua belah pihak.

Menurut Agus Cahyana, M.Sn., "Penguatan kapasitas khusus penulisan jurnal bereputasi dan pertukaran naskah ilmiah menjadi prioritas kerjasama ini". Hal senada disampaikan oleh Turyati, S.Sen.,M,Sn., "Publikasi ilmiah menjadi salah satu luaran pengabdian kepada masyarakat untuk memperluas jejaring antar Perguruan Tinggi Seni dan Pemberdayaan masyarakat".

Penandatanganan ini dilanjutkan dengan diskusi yg membahas pengembangan kekayaan intelektual seni budaya. Hal ini diungkapkan oleh kapus publikasi ilmiah dan KI, Nani Sriwardani, S.T., M.Ds., Lanjutnya, program kerjasama ini menjadi bagian dari kinerja utama program MBKM (Merdeka Belajar  Kampus Merdeka).

Pertama Kalinya Penandatanganan Kerja Sama LPPM ISBI Bandung dan LPPM ISI Yogyakarta

  
Penandatanganan kerjasama antara LPPM ISBI Bandung dan LPPM ISI Yogyakarta, dilakukan pada tanggal 14 September 2021 di Gedung Concert Hall, lt.2 Kampus ISI Yogyakarta Sewon Bantul.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Ketua LPPM ISBI Bandung yaitu Dr. Wanda Listiani, S.Sos.,M.Ds dan Dr. Nur Sahid, M.Hum. Program yang dikerjasamakan adalah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat antar kedua Perguruan Tinggi Seni ini disaksikan oleh Sekretaris LPPM, Kepala Pusat dan staf LPPM dari kedua belah pihak.

"Publikasi ilmiah di jurnal bereputasi juga menjadi bahasan dalam diskusi penajaman kerjasama bagi civitas akademika Perguruan Tinggi Seni khususnya ISBI Bandung dan ISI Yogyakarta", diungkapkan oleh Nani Sriwardani, S.T., M.Ds., Kepala Pusat Publikasi Ilmiah dan KI ISBI Bandung.

Keterlibatan dosen dalam beberapa program yang dikerjasamakan misalnya pendampingan seni budaya dalam masyarakat, workshop dan klinik proposal penelitian dan pengabdian, serta seleksi proposal oleh reviewer dari Perguruan Tinggi kedua belah pihak. Kerjasama ini mulai dilaksanakan dari tahun 2021-2024.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara