Berita ISBI Bandung

 
BANDUNG - Pada hari Senin (31/05/21), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung melaksanakan vaksinasi massal untuk para pegawai di lingkungan ISBI Bandung. Program ini dilaksanakan dengan bantuan Puskesmas Cijagra yang dilakukan di Gedung Patanjala, ISBI Bandung. Prosedur pelaksanaan vaksinasi dimulai dari mengambil nomor antrian, cek NIK pada PeduliLindungi & mengisi Kertas Kendali, didaftarkan pada PeduliLindungi, screening, penyuntikan vaksin, lalu observasi selama 15 menit dan menerima Kartu Telah Vaksin. Proses administrasi hingga vaksinasi dimulai dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB dengan dibagi tiga kloter sesuai urutan nama. Para Pimpinan ISBI Bandung melakukan proses vaksinasi di urutan awal sebagai bentuk tanggung jawab atas dilaksanakannya anjuran pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. 
 
Rektor ISBI Bandung, Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen, M.Hum. mengatakan bahwa tujuan diadakannya vaksinasi massal ini merupakan respon ISBI Bandung terhadap anjuran pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi dalam upaya mengendalikan virus Covid-19 di Indonesia. Selain itu, program ini juga merupakan salah satu bentuk persiapan ISBI Bandung dalam menghadapi penyelenggaraan pembelajaran dengan metode hybrid (daring dan luring) sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19  dimana seluruh sivitas yang ada di kampus khususnya tenaga kependidikan dan dosen harus sudah divaksin terlebih dahulu. 

Terhadap pelaksanaan kegiatan vaksinasi beliau memberikan apresiasi yang sangat tinggi.

“Ini bagus, saya kira panitia kerenlah ya, kita Alhamdulillah punya tempat yang sangat memadai untuk pelaksanaan ini dimana ketika masuk kita sudah ditempatkan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang bagus, jaraknya sudah bagus, masuk ke ruangan bersih, kemudian semua petugas petugas itu sudah sangat tertata rapi juga termasuk tempat penyimpan suntikan vaksinnya sendiri. Jadi sangat rapilah," tambahnya.


Selaku Ketua Panitia Vaksinasi Massal ISBI Bandung, Asep Wawan Ridwan, S.Pd., M.MPd. mengatakan bahwa persiapan vaksinasi massal ini sudah dilakukan sejak lama karena sebelumnya ISBI Bandung telah mengajukan ke Dinas Kesehatan yang pada akhirnya pengajuan tersebut ditindaklanjuti oleh Puskesmas Cijagra. Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac. 

Dr. Wildan Hanif, S.Sn., M.Ds. selaku Dosen Seni Rupa FSRD menilai bahwa proses penyuntikan vaksin saat itu sangat bagus karena cepat sehingga proses vaksinasi berjalan sesuai waktu yang ditetapkan.  

Beberapa sivitas akademika mengungkapkan bahwa mereka sempat memiliki kekhawatiran terhadap vaksinasi ini. 

"Sebelum vaksin saya mengkhawatirkan apakah ini halal atau haram, namun setelah MUI mengatakan ini diperbolehkan jadi akhirnya saya memutuskan untuk mengikutinya," ungkap Dr. Supriatna, S.Sn., M.Sn. selaku Dekan FSRD.

Direktur Pascasarjana ISBI Bandung, Dr. Yanti Heriyawati, S.Pd., M.Hum. juga mengaku sempat khawatir sebelum divaksin karena memiliki riwayat alergi dan asma. Setelah melalui proses pemeriksaan oleh dokter, beliau dinyatakan layak untuk mendapatkan vaksin secara medis.

Sebagai orang yang pernah terkonfirmasi Covid-19, Dede Priana, S.Sn., M.Si yang merupakan Tenaga Fungsional PLP juga merasa khawatir akan efek yang ditimbulkan vaksin pada pasien yang pernah terkonfirmasi positif. Namun, kekhawatiran tersebut dapat diredakan dengan adanya pendampingan dari para dokter sehingga beliau dapat melakukan vaksinasi.


Terlepas dari berita hoax di luaran mengenai vaksin yang membuat orang khawatir, Dr. Suhendi Afriyanto,. S.Kar., M.M. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Kerja Sama mengatakan bahwa kita tidak boleh terjebak oleh berita tersebut dan harus tetap berikhtiar.

"Yang penting adalah kita punya niatan untuk sehat bukan untuk diri kita sendiri tapi juga untuk keluarga, yang tidak kalah pentingnya untuk masyarakat. Jadi, ketika berpartisipasi untuk ikut divaksin, artinya kita juga ikut berpartisipasi untuk semua dan peduli terhadap kemaslahatan masyarakat," tambahnya.

Menurut salah satu perwakilan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) ISBI Bandung, Panji Pratama Santosa, S.Si, vaksin ini bukan hal yang perlu ditakuti karena ini merupakan bentuk kasih sayang Pemerintah untuk menyehatkan masyarakatnya. 

Dalam menghadapi kuliah tatap muka, vaksinasi mahasiswa juga harus dipikirkan secara matang. Seperti yang diungkapkan oleh Dekan Fakultas Seni Pertunjukan.

"Program vaksinasi ini bagus karena sebagai salah satu syarat untuk nanti PBM melalui luring tetapi barangkali mahasiswa perlu dipikirkan juga apakah vaksin dibebankan kepada masing-masing atau bagaimana gitu, kalau hanya pengajar saja yang divaksin, nanti kan pertemuan itu kan juga dengan mahasiswa," kata Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn.

Dengan adanya inisiasi untuk memulai kuliah luring, Prof. Dr. Arthur Supardan Nalan S.Sen. M.Hum. sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan berharap bahwa ISBI Bandung tidak menjadi cluster terbaru ketika perkuliahan tatap muka dilaksanakan. 

Menurut data yang ada, total pegawai yang akan divaksin pada hari itu sebanyak 293 orang dan 87 orang pegawai telah melakukan vaksin di luar ISBI Bandung. Agenda selanjutnya mengenai pemberian vaksin dosis kedua akan dilakukan pada hari Senin (28/06/21).**

 

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara