Berita ISBI Bandung


Oktober menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pasalnya, pertambahan usia ISBI Bandung sejak tahun 1968 dimarkahi di bulan tersebut. Layaknya makhluk hidup, ISBI Bandung pun mengalami perkembangan dalam setiap periodenya. Salah satu perkembangan yang signifikan dirasakan adalah perubahan nama instansi dari KORI (Konservatori Tari), ASTI (Akademi Seni Tari Indonesia) Bandung, STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Bandung, dan pada 2014 resmi diubah menjadi ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) Bandung hingga saat ini. 

Pandemi Covid-19 yang masih merebak di sebagian belahan dunia tidak ulung mematahkan semangat ISBI Bandung untuk menciptakan momentum pertambahan usia yang ke-53 tahun. Sebagai bentuk refleksi dan rasa syukur, ISBI Bandung melangsungkan rangkaian acara sepanjang bulan Oktober 2021 secara hybrid (luring dan daring) di lingkungan kampus ISBI Bandung yang terletak di Jl. Buah Batu No.212, Bandung, Jawa Barat.

Rangkaian acara Dies natalis ke-53 tahun yang bertajuk “ISBI Bandung Bangkit, Membumi untuk Pertiwi” ini diawali dengan Sidang Terbuka Senat Akademik yang dilaksanakan pada Rabu, 6 Oktober 2021 pukul 08.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui kanal Inspira TV. 
 
Dimulainya acara ini ditandai dengan persembahan sajak berjudul Bumi Pertiwi yang dibacakan secara lantang dan penuh penghayatan oleh Iman Sholeh, S.Sn., M.Sn. Selanjutnya, acara dipandu oleh MC Hutomo dan Rieka Sukmawati. 

Sidang Terbuka Senat Akademik diikuti oleh 18 Senat diantaranya Prof. Anis Sujana, S.S.T., M.Hum. (Ketua), Dr. Yanti Heriyawati, S.Sen., M.Hum. (Sekretaris), Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum (Anggota), Prof. Dr. Arthur S. Nalan, S.Sen., M.Hum. (Anggota), Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum (Anggota), Dr. Suhendi Afryanto, S.Kar., M.M. (Anggota), Prof. Dr. Endang Caturwati, S.S.T., M.S. (Ketua Komisi Akademik), Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn. (Anggota), Dr. Supriatna, S.Sn., M.Sn. (Anggota), Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sn. (Anggota), Riyana Rosilawati, S.Sen., M.Si. (Anggota), Dr. Wanda Listiani, S.Sos, M.Ds. (Anggota), Dr. Rachman Saleh, S.Sen., M.Sn. (Anggota), Dr. Deni Hermawan, M.A. (Ketua Komisi Promosi dan Disiplin), Dra. Ai Juju Rohaeni, M.M. (Anggota), Dr. Husen Hendriyana, S.Sn., M.Ds. (Ketua Komisi Sumber Daya dan Pengembangan), Drs. Abby Suryana, M.M. (Anggota), dan Indra Ridwan, S.Sos., M.Sn., M.A., Ph.D. (Anggota).

Seperti yang diketahui, Senat Akademik memiliki peran penting dalam merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan institusi. Kesukseksan yang diperoleh ISBI Bandung hingga menginjak 53 tahun ini tidak lepas dari kolaborasi buah pikiran Senat Akademik dan Civitas Akademika ISBI Bandung.
 
Setelah Ketua Senat Akademik ISBI Bandung membuka secara resmi Sidang Terbuka Senat Akademik ISBI Bandung, terdapat persembahan tari Caruban. Tarian ini merupakan tarian persembahan khas ISBI Bandung yang ditampilkan pada acara-acara khusus seperti Wisuda dan Dies Natalis ISBI Bandung. Sumber garapannya mengambil dari sari-sari kesenian wilayah Kacirebonan diantaranya Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, dan lainnya.

Rektor sekaligus anggota Senat Akademik ISBI Bandung, Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. dalam pidato sambutannya menjelaskan beberapa capaian ISBI Bandung di tahun 2021 yang diantaranya adalah terakreditasinya institusi dengan nilai Baik sekali. 

“Akreditasi merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan karena sangat memberi pengaruh terhadap berbagai hal, contohnya: pada lulusan mahasiswa, pada peluang kerja, termasuk program-program kompetitif yang seringkali menjadikan akreditasi ini sebagai persyaratan,” ungkapnya.

Selain akreditasi institusi, pada tahun ini pula ISBI Bandung sedang memproses kembali pengusulan program S3 yang sebelumnya sempat tertunda karena kurangnya Guru Besar. 

Tidak hanya itu, Rektor ISBI Bandung juga memaparkan progress kerja sama, penerimaan mahasiswa baru, kelulusan mahasiswa, anggaran, sarana dan prasarana, serta program MBKM yang sedang dicanangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Pada prosesi acara Sidang Terbuka Senat Akademik, Gita Suara Choir yang belakangan ini seringkali mengharumkan nama ISBI Bandung dalam kompetisi di Indonesia dan luar negeri dipercaya untuk menyanyikan ulang lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Hymne ISBI Bandung, dan Bagimu Negeri. 

Pada kesempatan hari itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berhalangan hadir secara daring maupun luring sehingga pemberian sambutan dilakukan oleh Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si. yang merupakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. 


Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kinerja jajaran Rektorat, Senat Akademik, Civitas Akademika, serta seluruh panitia yang terlibat dalam penyelenggaran Dies Natalis ke-53 ISBI Bandung dan berharap di masa mendatang ISBI Bandung mengambil peran penting dalam terciptanya Jawa Barat Juara.

 
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. berkesempatan untuk hadir dan memberikan sambutan secara daring. Beliau mengatakan bahwa kemajuan dan pelestarian budaya di Indonesia dilakukan melalui 4 langkah strategis diantaranya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pemeliharaan. Keempat Langkah tersebut dapat dilakukan melalui institusi pendidikan. Harapan besar tersemat pada ISBI Bandung sebagai institusi pendidikan pengampu kebudayaan sekaligus mitra strategis pemerintah untuk dapat mengimplementasikan langkah-langkah strategis tersebut. 


Sidang Terbuka Senat Akademik menjadi lebih istimewa karena bertepatan dengan peluncuran buku berjudul Ethnoscape: 10 Objek Pemajuan Kebudayaan yang ditulis oleh para seniman sekaligus pengajar di ISBI Bandung. Buku tersebut diserahkan secara simbolis oleh Prof. Dr. Arthur S. Nalan, S.Sen., M.Hum. kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.


Di penghujung acara ini, ISBI Bandung yang diwakili oleh Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan memberikan apresiasi berupa kadeudeuh kepada Purnabakti tahun 2021 yakni Drs. Wawan Darmawan, MM.Pd., Kurnain, S.Sn., M.Sn., dan iyon Supiyono, S.Kar., M.Sn.

Sidang Terbuka Senat Akademik secara resmi ditutup oleh Prof. Anis Sujana, S.S.T., M.Hum. selaku Ketua Senat Akademik ISBI Bandung. 

Suka cita menyambut Dies natalis ke-53 tahun ISBI Bandung tidak hanya dirasakan oleh civitas akademika. Mulai dari pemangku jabatan hingga public figure juga turut meramaikan momentum pertambahan usia ISBI Bandung lewat ucapan yang disampaikan melalui video. Beberapa dari mereka diantaranya adalah Menteri, Kepala Daerah, Ketua Lembaga, Kepala Dinas, Musisi, dan Seniman. 

Memasuki usia lebih dari setengah abad, ISBI Bandung memerlukan kolaborasi dari semua pihak untuk memajukan seni budaya bangsa Indonesia. Kedepannya, ISBI Bandung diharapkan menjadi garda terdepan dan benteng terakhir dalam menjalankan UU Pemajuan Kebudayaan. 

ISBI Bandung
Mari Bangkit, Membumi Untuk Pertiwi.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara