Berita ISBI Bandung

Saat ini masih berlangsung pendaftaran jalur SNMPTN yang dimulai pada hari Senin (14/02/22) hingga Senin (28/02/22), dan hasil SNMPTN akan diumumkan pada Selasa (29/03/22). Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung hadir melalui acara “Sosialisasi SNMPTN Tahun 2022” “ABDI (Aku Bangga jaDI) Mahasiswa ISBI Bandung” untuk memecah kegalauan bagi pejuang SNMPTN yang belum melakukan permanen data, terutama bagi mereka yang memilih program studi seni. Acara ini diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dan live streaming pada kanal youtube Official ISBI Bandung yang dipandu langsung oleh Yulinar Fitriani dari studio podcast Balai Pelestarian Nuilai Budaya Nusantara (BPNB) Jawa Barat yang merupakan salah satu mitra kerja sama ISBI Bandung. Yulinar sendiri merupakan 2nd Runner up Putri Indonesia Jawa Barat Tahun 2022 yang juga seorang alumnus prodi Seni Tari ISBI Bandung.

Para peserta juga mendapatkan sambutan hangat dari Rektor ISBI Bandung Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. yang bergabung secara daring via zoom. Prof. Een mengajak pada calon mahasiswa agar tidak ragu memilih dan masuk ke ISBI Bandung untuk melanjutkan pendidikan serta mengembangkan kemampuan diri.

“Jangan ragu-ragu gitu ya, jangan malu-malu, jangan bimbang, karena seni budaya juga adalah unggulan bangsa Indonesia,” ucap Prof. Een.

Tak hanya Rektor, para peserta juga disapa oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiwaan Prof. Dr. Arthur Supardan Nalan, S.Sen., M.Hum. Beliau menyampaikan bahwa dari 9 prodi ISBI Bandung yang dapat dipilih oleh pejuang SNMPTN, ada 3 prodi yang mau tidak mau harus sejalan dengan tuntutan zaman saat ini yakni prodi tata rias dan busana, prodi televisi dan film serta prodi antropologi budaya. Uniknya prodi antropologi budaya ISBI Bandung berbeda dengan prodi antropologi budaya di perguruan tinggi lainnya karena terkait dengan dinamika kesenian.  Prof. Arthur juga menyebutkan bahwa mahasiswa ISBI Bandung tidak hanya berasal dari Jawa Barat saja, namun banyak juga mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Kegiatan yang di-set ala interview podcast yang kekinian ini mengundang Dr. Ismaini Zain, M.Si selaku Manager Humas dan Promosi LTMPT secara daring dari Jakarta yang menyampaikan mekanisme perdaftaran SNMPTN dan Indra Ridwan, S.Sos., M.Sn., M.A., Ph.d, Sekretaris PTN Pusat UTBK ISBI Bandung yang hadir di studio podcast menjelaskan ketentuan portofolio bidang seni, serta tips dan trik pilihan prodi di ISBI Bandung.

“Kita sangat menunggu Anda-Anda sekalian untuk bisa daftar di ISBI Bandung lewat jalur SNMPTN, segera selesaikan portofolionya sebaik-baiknya, mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan lancar. Dan kami dengan terbuka akan menerima siapapun yang mendaftar ke SNMPTN sesuai dengan kapasitas dan kemampuan,” pesan Pak Indra kepada pejuang SNMPTN ISBI Bandung

Dr. Ismiani juga mengingatkan kembali para peserta agar mencatat tanggal-tanggal penting SNMPTN dengan penutupan pendaftaran pada Senin tanggal 28 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Beliau juga menambahkan bahwa menurutnya para peserta perlu mempertimbangkan “ABDI” Aku Bangga jaDI mahasiswa ISBI Bandung untuk melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi.

“Saya diundang di berbagai PTN, paling santai itu di sini, dan ternyata justru lebih banyak ruang lingkup yang ditanyakan dibanding kalau saya harus memaparkan materi,” ungkap Dr. Ismaini dipenghujung acara sesi I bersama narasumber.

Dengan mengenyam pendidikan tinggi di ISBI Bandung, kalian tidak hanya belajar untuk makin mengasah kemampuan diri yang telah dimiliki namun juga bisa menemukan minat dan bakat kalian yang baru sehingga kalian nantinya akan menjadi lulusan yang tidak hanya memiliki kecakapan di satu bidang akan tetapi di beberapa bidang lainnya. Bahkan bagi yang merasa tidak ada bakat namun memiliki minat dan kemampuan dapat berkuliah di ISBI Bandung dan lulus menjadi sarjana seni. Seperti yang diungkapkan oleh para bintang tamu yang diundang ke acara ini yakni Cyntia Anggraeni lulusan Seni Teater ISBI Bandung yang saat ini aktif sebagai seorang Make Up Content Creator dan Lathifah Shafiyyah peraih juara 2nd Runner Up pada ajang Bintang Pantura 6 Tahun 2021 yang saat ini masih menjalankan aktivitas sebagai mahasiswa Seni Karawitan ISBI Bandung.

“Bagaimana kita bisa memaksimalkan latar belakang kita untuk menjadi sesuatu prestasi diluar,” kata Yulinar yang menjadi satu-satu kontestan sarjana seni yang ikut pada kontes pemilihan kala itu.

Ia mengungkapkan bahwa ketika masuk ISBI Bandung, tidak ada perbedaan tes antara yang telah memiliki basic seni dengan yang tidak, sehingga tidak perlu takut, tingkatkan kepercayaan diri dikarenakan semuanya akan sama-sama belajar kembali dari nol tanpa ada yang diistimewakan.

Senada dengan Yulinar, Lathifah juga menyebutkan bahwa apapun latar belakang kita ketika kita sudah masuk ke perguruan tinggi seni pasti kita akan terlatih.

“Karena meskipun kita sudah punya basic ternyata ketika kita sudah di ISBI Bandung akan beda lagi,” imbuh Yulinar.

Hal ini juga diiyakan oleh Cyntia “Iya, masuk ke ISBI itu pasti dari nol lagi.”

Mereka mengajak para pejuang SNMPTN untuk tidak perlu khawatir dalam memilih kuliah di ISBI Bandung, karena tidak semua yang belajar di ISBI Bandung sudah memiliki keahlian seni, namun banyak juga mahasiswa yang awalnya tidak bisa dalam seni dan budaya, ketika telah masuk dan belajar serta praktek dengan sungguh-sungguh, dari yang tidak bisa menjadi bisa.

“Kan fungsi sekolah itu, itu kan, dari tidak bisa, jadi bisa…,” ujar Yulinar.

Dari awal acara ini berlangsung, para peserta telah disuguhkan dengan karya para lulusan ISBI Bandung mulai dari musik countdown video yang merupakan lagu Fix You yang dipopulerkan oleh Coldplay namun diaransemen kembali oleh Ipin Pian (lulusan prodi seni karawitan ISBI Bandung) yang ketika itu tampil pada World Expo 2020 Dubai, lalu sebuah kostum fantasi bernama “Cyrene Bernika” terpanjang di sudut kanan studio podcast yang merupakan rancangan Selly Selliawati, mahasiswa semester 6 prodi tata rias dan busana ISBI Bandung yang meraih kemenangan Best of The Best Costume pada Art of Costume (AOC) ke 7 “FASHINDRASTRA 2022”, kemudian video perjalanan Yulinar Fitriani pada pemilihan Putri Indonesia Jawa Barat Tahun 2022, video tutorial make up karya Cyntia, hingga sepenggal lagu yang dinyanyikan langsung oleh Lathifah.

Pada tahun ini, prodi-prodi ISBi Bandung yang ikut serta pada jalur SNMPTN Tahun 2022 adalah: Fakultas Seni Pertunjukan terdiri dari Prodi Tari (S1), Prodi Karawitan (S1), Prodi Teater (S1), Prodi Tari Sunda (D4), Prodi Angklung dan Musik Bambu (D4); Fakultas Seni Rupa dan Desain terdiri dari Prodi Seni Rupa Murni (S1), Prodi Tata Rias dan Busana (D4); Fakultas Budaya dan Media terdiri dari Prodi Antropologi Budaya (S1), dan Prodi Televisi dan Film (D4)

Sedangkan kuota mahasiswa baru jalur SNMPTN dengan ketentuan sebesar 20% terdiri dari Prodi Tari dengan jumlah 17 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 77 orang, Prodi Karawitan dengan jumlah 25 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 58 orang, Prodi Teater dengan jumlah 20 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 38 orang, Prodi Tari Sunda dengan jumlah 8 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 16 orang, Prodi Angklung dan Musik Bambu dengan jumlah 12 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 6 orang, Prodi Seni Rupa Murni dengan jumlah 10 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 86 orang, Prodi Tata Rias dan Busana dengan jumlah 10 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 0 orang, Prodi Antropologi Budaya dengan jumlah 24 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 119 orang, dan Prodi Televisi dan Film dengan jumlah 24 orang dan data peminat tahun 2021 sebesar 158 orang.

Ikuti akun sosial media resmi ISBI Bandung :
Instagram : Isbibandung
Twitter : Isbibandung
Facebook : Institut Seni Budaya Indonesia - ISBI Bandung

 

#ISBIBandung
#KampusMerdeka
#MerdekaBelajar
#CentreOfCreativityBasedOnCulturalZone

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara