Berita ISBI Bandung


Keberadaan guru kesenian di Provinsi Jawa Barat terbilang minim. Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah guru kesenian yang hanya terdapat satu orang di setiap sekolah-sekolah. Bahkan untuk regenerasi guru kesenian di sekolah-sekolah pun terbilang sulit.
Berdasarkan hal tersebut, Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Iwa Karniwa S.E.Ak., M.M.,CA., PIA. memberikan usulan kepada ISBI Bandung agar kedepannya menyediakan mata kuliah pedagogi atau ilmu pengajaran. Usulan tersebut agar kedepannya lulusan ISBI Bandung dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan seni di Provinsi Jawa Barat, khususnya kota Bandung. Hal tersebut dikatakan oleh Iwa dalam sambutan pembukaan acara Seminar Nasional Break Discussion Rapat Kerja Nasional dan Performance Art di Gedung Sunan Ambu ISBI Bandung, pada hari Selasa (12/3/2019).
“Jika mahasiswa diberikan mata kuliah pedagogi, maka lulusan ISBI Bandung dapat memberikan pengajaran mengenai seni dan bahkan bisa membuka sanggar-sanggar kesenian. Di sekolah-sekolah keberadaan guru seni terbilang sulit menemukan regenerasi, maka lulusan ISBI Bandung bisa disiapkan untuk mengisi ruang-ruang pengajaran di SD-SMP,” ucap Iwa.
Sebagai bentuk dukungan akan hal tersebut, Iwa mengatakan bahwa pihak Pemprov Jabar juga akan mendorong pengembangan infrastruktur kampus ISBI Bandung agar lebih representatif dan akomodatif. Dari sisi infrastruktur, pemerintah provinsi juga mendorong perluasan ISBI Bandung dan sudah membantu untuk pembebasan lahan di Bandung Barat yang akan dijadikan kampus dua ISBI Bandung.
Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung telah melakukan survey yang menyatakan bahwa keberadaan guru kesenian di Kota Bandung memang masih kurang. Berdasarkanhal tersebut, Rektor ISBI Bandung Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. mengatakan telah melakukan diskusi dengan Disbudpar Kota Bandung tentang penyaluran lulusan ISBI Bandung menjadi tenaga pengajar kesenian untuk sekolah-sekolah yang ada di kota Bandung.
“Lulusan ISBI Bandung mempunyai kompetensi yang mumpuni untuk bisa mengajar. Namun karena tidak mempelajari pedagogi mengajar, lulusan ISBI Bandung tak bisa terserap sebagai pengajar di sekolah-sekolah. Pihak ISBI Bandung dan Disbudpar Kota Bandung akan melakukan penandatanganan MoU kerjasama mengenai hal tersebut. Kedepannya Kota Bandung akan menjadi percontohan dan apabila berhasil maka ISBI akan melakukan kerjasama dengan Pemprov Jawa Barat,” jelas Rektor ISBI Bandung.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Musik Bambu

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT