Berita ISBI Bandung

 

Permasalahan terkait eksistensi Tari Rakyat yang mulai terancam, tertinggal dan dilupakan seiring dengan perkembangan  zaman di era generasi milenial, “Ngarakyat” menjadi tema Dialog Tari tahun ini. Menyampaikan berbagai kesenian Tari Rakyat dari berbagai perwakilan delegasi dan komunitas darerah di Indonesia, sebagai harapan dapat menangani permasalahan tersebut di era kini.

Budaya dan seni-seni rakyat banyak sekali dengan kegiatan ini sebagai upaya pelestarian Tari Rakyat yang mulai terancam tertinggal dan dilupakan, menghidupkan kesadaran publik terkait Tari Rakyat, dan sebagai agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Tari (HIMATA) ISBI Bandung, panggung kreativitas bagi pelaku seni tari rakyat sekaligus memotivasi para milenial untuk melestarikannya adalah tujuan kegiatan Dialog Tari VI disampaikan pada pembukaan oleh Een Herdiani. Kemeriahan Acara Dialog Tari Dalam Semi Bangreng, oleh Himata Jurusan Seni Tari FSP ISBI Bandung.
 



Arak-arakan dan Tari Pencak Silat menjadi suguhan pertama pada acara ini, dilanjutkan dari penampilan 5 (lima) komunitas;

 

No

Nama Komunitas

Judul Karya

Sinopsis

1

Bolots Dance Theater Surabaya

Koreografer     : Alvian Yoga Prastiawan

 

Penari : Alvian Yoga Prastiawan dan Endry Prameswaru

Kaitan (Ngerem’o)

Manusia memiliki ingatan tubuh dan emosi, namun apa mungkin ingatan itu dapat dilakukan kembali setelah barusan apa yang terjadi

2

Artmay Studio X Jawara ISBI

Koreografer : Erwin Mardiansyah

 

Penari : Erwin Mardiansyah dan Anggha Nugraha Saefuridjal

Pagar Diri

Karya ini berangkat dari persamaan fungsi serta filosofi  dari silat Minang dan silat Sunda. Persamaan yang dimaksud  yaitu pertama secara perkembangan tari rakyat yang ada diminang berangkat dari gerak-gerak silat seperti : Randai, Ulu Ambek, Tari Piring, Tari Sewa, Bujang Sembilan, dan Alang Suntiang Pangulu. Begitupun di Sunda seperti tari Cikeruhan, Uyeg, Ketuk Tilu,dan tari rakyat yang berkembang di Jawa Barat.secara filosofi silat Minang dan silat Sunda juga terdapat persamaan yaitu pada silat Minang Musuah pantang dicari basuo pantang dilakan”, kemudian dalam silat Sunda disebut “Someah hade ka semah, cadu ujub jeung elmuna. Secara inti persamaan dari fungsi kedua silat yaitu salah satu upaya untuk mennjaga diri.

 

 

Rii Studio

Koreografer : Agung Rizki

 

Penari : Dea Latuti, Fitri Dwi, kechi, Restu, Syifa Mega i

 

Geboyna si Kembang Panggung

 

Eksistensi peran wanita diatas panggung.

 

 

Studio Bawah Tangga Indonesia

 

Koreografer     : Bismi Adi Rosa Prayoga

 

Sinopsis           : Suku nu jadi patokan, sakabeh patokan aya disuku,

 

 

Go Thonk

 

Suku nu jadi patokan, sakabeh patokan aya disuku,

 

Sendratasik Universitas Jambi akan menampilkan karya berjudul Betino, Karya Betino ini terinspirasi (menggunakan gerak) tari Iyo-Iyo dan Rentak Kudo, sebagai pijakan karya. Hentakan kaki, suara tubuh meruakan representari dari Betino (perempuan) Kerinci dalm menyuarakan kesetaraan dan kemerdekaan untuk kaum matrilineal kerinci.

Fase sebagai judul karya yang ditampilkan oleh ISBI Bandung, koreografer Tri Purna Gumelar, penari Angeline azhar, Febiriyanti putri, Nadia hardianti pitaloka, Ovi nurafipah, Anita tri utami, Fitri sugiarti

Dan Vega mutia, komposer Sepira Lisman, Light designer-fajar okto. Sinopsis Dikarenakan problematika mengenai esensi tari rakyat itu sendiri yang dianggap mulai punah dan terlupakan, salah satunya kesenian rakyat dari Padepokan Sunda Mekar Jl. Widiadisastra Situraja Sumedang yaitu Bangreng. Dengan demikian kami mengambil kesenian Bangreng dengan harapan agar masyarakat mengenal kembali kesenian rakyat.

Kemasan kegiatan ini sangan menarik karena setiap sehabis karya akan dilakukan sesi dialog diusung pembicara dari otniel tasman dan ali sukri dan peserta para milenianl dlibatkan secara aktif dalam konten. Sebagai penutup akan disuguhkan kesenian Bangreng dari Ujung berung.

 

 

 

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Tari
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT