Berita ISBI Bandung

 

Para mahasiswa pilihan keahliaan kepesindenan, rebab, dan kendang program studi Seni Karawitan semester V telah melangsungkan Ujian Akhir Semester (UAS). Masing - masing mahasiswanya menunjukkan hasil belajar yang mereka dapatkan selama kegiatan belajar mereka. Mahasiswa tahun 2017 ini telah dijuruskan pada minat - minat yang akan mereka ambil sebagai tugas akhir di penghujung studi mereka. Dalam ujian akhir semester yang dilaksanakan hari Senin 6 Januari 2020 ini digabungkan dalam satu pertunjukan di Teater Terbuka ISBI Bandung. Materi yang di sajikan merupakan materi karawitan wayang yang terdiri dari beberapa lagu yakni lagu kawitan yang dilanjutkan dengan lagu badaya. Terdapat wanda (genre) lainnya yang di sajikan dalam UAS kali ini, seperti yang terlihat pada para sinden yang juga menampilkan kepiawaian mereka dalam wanda Ketuk Tilu, Jaipongan, dan Wayang Golek.


Pada setiap pagelaran karawitan sunda memiliki nilai - nilai yang terkadung di dalamnya, seperti dalam rumpaka (lirik) yang di sampaikan oleh para sinden yang memiliki makna. Bukan hanya dari rumpaka (lirik) nya saja, tetapi dari tabuh - tabuh gamelan menyimpan banyak makna yang bisa menjadi nasihat bagi kehidupan masyarakat. Hal tersebut terlihat dalam dunia perkuliahan anak seni, dimana mereka saling membantu dalam kehidupan sehari - hari nya. Seperti dalam pagelaran yang dilaksanakan sekarang, banyak mahasiswa lain yang terlibat, mulai dari teman seangkatan, adik tingkat hingga kakak tingkat yang membantu terlaksananya ujian akhir semester ini.


Kegiatan ini juga ditanggapi oleh salah satu dosen pengampu, Tarjo Sudarsono. Beliau mengatakan bahwa hasil yang diberikan mahasiswa karawitan semester 5 ini sudah cukup memuaskan, dimana mereka sudah lebih cepat dalam peminatan yang membuat mahasiswa lebih memiliki waktu yang panjang dalam mempersiapkan tugas akhir yang akan dihadapinya, bukan hanya itu beliau memilih untuk ujian di luar memiliki tujuan agar mahasiswa karawitan terlatih mentalnya dalam menampilkan  suatu kesenian. Kegiatan ini juga menjadi bahan apresiasi bagi masyarakat ISBI khususnya Seni Karawitan.

UAS di ISBI Bandung dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dengan menghubungi panitia pelaksana atau program studi yang menyelenggarakan. (ir/rhn)

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Tari
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT