Berita ISBI Bandung


              

AOC adalah fashion event yang sudah selalu ditunggu, terutama dari sisi tema yang diangkat kaitannya dengan bentuk visual kostumnya. AOC menampilkan karya yang merespons fenomena seperti bencana alam, hewan langka dan pada tahun ini mengusung tema “Asian Mythological Creatures” yang merespons jejak-jejak local wisdom dari budaya mitis masyarakat Asia yang mulai terkikis oleh pragmatismenya budaya ontologis. Tema ini kemudian dibagi menjadi tujuh subtema defile yaitu Indonesia (Garuda dan Naga Besukih), Tiongkok (Feng Huang dan Azure), Jepang (Amaterasu dan Tzukuyomi), Thailand (Erawan, Kinara dan Kinari), Korea (Dokkaebi dan Gumiho), India (Saraswati dan Laksmi),  dan Iran (Simorgh dan Humabird). Dari ketujuh subtema tersebut dinobatkan  best costume deville diantaranya :

 

No

Best Costume Defile

1

Nama Desainer          :Ilham Maulana Yusuf @ilhamml

Judul Karya               : Gardha Bhakti

Makhluk Mitologi     : Garuda

Garuda Adalah mahkluk mitologi Hindu yang memiliki visual Manusia setengah burung yang sekaligus menjadi kendaraan dewa Wishnu sehingga sering dijuluki Garuda Wishnu Kencana.

Konsep Karya : Karya ini terinspirasi dari mahkluk mitologi Garuda yang di kemas dengan konsep yang berbeda antara perpaduan tradisional dan modern.

 

2

Nama Desainer         : Firas Razanah M @ firasrazanahm

Judul Karya              : The Charm of Kenaree

 

Makhluk Mitologi    : Kinari

 

Konsep Karya          : Kinari makhluk mitologi dari thailand digambarkan sebagai makhluk setengah wanita setengah burung. Kinari merupakan salah satu dari makhluk yang mendiami himavanta yang mistis. Kinari memiliki kepala, dada, dan lengan seorang wanita dan sayap, ekor dan kaki burung. Kinari terkenal karena lagu dan puisi mereka dan merupakan simbol tradisional kecantikan dan keanggunan.

 

3

Nama Desainer         : Lufianti Rahmayani @lufianti.rahmayani

 

Judul Karya               : Xiu Long Qishi

 

Makhluk Mitologi     : Azurre

 

Azurre adalah naga biru, salah satu makhluk mitilogi yang di agungkan masyarakat timur cina, Azzure merupakan simbol kekaisaran dan supranatural yang tak terhingga melebihi red dan salah satu empat simbol yang terkenal china yaitu musim semi dan mempunyai unsur kayu. Di timur naga dianggap sebagai makhluk menakutkan dan perkasa, tetapi di bagian barat china naga diyakini adil, murah hati, dan pembawa kekayaan dan keberuntungan.

 

Konsep Karya      :Penciptaan karya ini terinspirasi dari cerita rakyat cina pada jaman dinasti Han ada seorang satria yang sangat terkenal dan mempunyai julukan kesatria naga karena sikap berani tetapi baik hati. Berkonsep busana pada dinasti Han yaitu Hanfu yang di desain modern dengan ditambahkan rok ruffle dan tak terlepas penggunaan jubah serta armour bahu untuk membuat citra gagah nya, dan sepatu yang dibuat dari kain baju yang sama dengan model sepatu perang khas cina.

 

4

Nama Desainer      : Ilham Maulana Yusuf

Judul Karya           : Gardha Bhakti

 

5

Nama Desainer      : Vinnilya @vinnilyahuanggrio

Judul Karya           : The Luxurious Gim Tales of Maiden Korean Goblin

 

Makhluk Mitologi : Dokkaebi

 

Konsep Karya      : Gakssi Dokkaebi atau jenis Dokkaebi (goblin Korea) mahluk mitologi dari Korea Selatan yang sering menggoda manusia, berwujud seperti sosok gadis perawan yang cantik, melalui penggabungan karakter dokkaebi yg sesungguhnya, berupa wajah yg menyeramkan namun sebenarnya dokkaebi ini mahluk yg playful, senang bermain alat musik, bernyanyi, dan sama sekali tidak berbahaya bagi manusia, hanya saja terkadang mereka usil & membuat orang yg berbuat jahat menjadi jera dengan kekuatan tongkat ajaibnya 'bangmangi'.

 

6

Nama Desainer      : Septi'Aini Mahfudhatul.K  @septiani

Judul Karya           : Maha Sri Laksmi Mother of Universe

 

Makhluk Mitologi  : Dewi Sri Laksmi

 

Maha Sri Laksmi kepercayaan umat agama Hindu di India. Dewi Laksmi adalah sakti Dewa Wisnu, dipercaya juga sebagai Dewi pengetahuan, kekayaan, keindahan dan ibu alam semesta, mempunyai nilai-nilai kearifan lokal budaya umat Hindu, India.

Konsep Karya : Penciptaan karya ini terinspirasi dari dewi laksmi yang memberi segala kemakmuran di kehidupan manusia, kepercayaan umat hindu. berkonsep dengan busana india yang modern, crop top yang asimetris perpaduan antara bahan songket dan brokat dengan detail suareski yang membuat baju terlihat mewah, untuk roknya menggunakan model rok 2 lingkaran. Gendongan dihias dengan ukiran motif india, gajah, bunga teratai, kendi uang dan detail belakang  terdapat miniatur dewi sri laksmi.

 

 

Nama Desainer       : Sinar Sawarga Desteta Weda

 

Judul Karya            : Kaveh Javeed

 

Makhluk Mitologi  : Simurgh

 

Konsep Karya : Kostum yang terinspirasi dari makhluk mitologi Iran yaitu simurgh. Burung berkepala anjing dan berbulu merak. Headpice di bentuk seperti sayap burung yang di hiasi oleh lempengan dan permata. Memakai tongkat karena di ceritakan bahwa simurgh adalah raja dari para burung. Menggunakan kain geometris dan nazar untuk membuat ciri khas dari Negara Iran.

 

 

Best Costume Junior :

 

Nama Desainer   : Apni Liani,   Chika alamanda metania M,   Maifaridah, 

                             Nurwulan, Tanya Rosa Ajeng T.H

 

Judul Karya        : Parvazz Boland

 

Makhluk Mitologi : Huma Bird

 

Mosaik burung Huma mitos di portal Nadir Divan-Begi Madrasa di Bukhara, Uzbekistan. Dalam beberapa variasi mitos Huma, burung itu dikatakan seperti burung phoenix, memakan dirinya dalam api setiap beberapa ratus tahun, hanya untuk bangkit kembali dari abu. Burung Huma dikatakan memiliki kodrat jantan dan betina dalam satu tubuh (mengingatkan pada Fenghuang Cina), masing-masing alam memiliki satu sayap dan satu kaki. Huma dianggap penyayang, dan 'burung keberuntungan' [6] karena bayangannya (atau sentuhan) dikatakan menguntungkan.

Konsep Karya : Terinspirasi dari burung negara Iran yang bernama huma bird , Burung Huma di Lambang Uzbekistan. Burung Huma dikatakan tidak pernah beristirahat, menjalani seluruh hidupnya dengan terbang tinggi di atas bumi, dan tidak pernah turun di tanah . Pada sayap memakai warna2 cerah dan indah seperti khas sayap iran,begitupun pada Motif nazar pada rok dan obi adalah salah satu motif khas Iran.

 


          Ketujuh subtema di atas kemudian dikonstruksi menjadi 39 karya kostum karnaval.  Penciptaan ini melalui proses kurasi yang ketat selama satu semester. Mulai dari konsep karya hingga eksekusinya, setiap desainer wajib mengikuti bingkai kurasi yang dibangun guna melahirkan karya yang bernas, baik dari bentuk maupun kontennya, ujar Suharno sebagai kurator sekaligus Kepala Program Studi Tata Rias dan Busana ISBI Bandung,

 

Beliau pun menyampaikan Sejak awal AOC sdh dikawal Prodi untuk menjadi perhelatan fesyen (artweart) yang hanya dimiliki oleh kota Bandung, dan diharapkan bersekala Nasional dan bahkan Internasional. Alhamdulillah berdasarkan diskusi dengan berbagai elemen penggiat fesyen di Kota Bandung sepeti Bandung Fashion Forum’20, untuk tahun depan, AOC akan menjadi even fesyen Kota Bandung. Karya yang ditampilkan bukan sekedar menampilkan sisi artistiknya, namun juga nilai di balik bentuk. Adapun dari sisi apresiasi, AOC bisa menjadi sarana publik untuk belajar menghargai dan memahami karya fesyen yang lebih mementingkan nilai seninya dari pada fungsionalnya.

 

 AOC-5 ini @Himtarius berhasil menghadirkan piala Gubernur untuk best of the best costume yang dimenangkan oleh Intan dan piala Walikota Bandung untuk Unique Costume dimenangkan oleh Devi.

 

 

 

 

 

 

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara