Berita ISBI Bandung

Untuk terus berupaya meningkatkan kualitas institusi, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan dan Pendidikan (Musrendik) dengan mengusung tema “Centre of Creativity Based on Art Management and Networking” yang dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 3 Mei 2020.  Rapat ini pertama kalinya diselenggarakan secara daring guna mencegah penyebaran wabah COVID-19. Ketua pelaksana Musrendik, Yusuf Ahmad Zain, ST mengungkapkan hambatan dalam melaksanakan Musrendik yaitu masalah teknis pada jaringan internet yang terkadang kurang stabil dan tujuan dari kegiatan Musrendik adalah guna menampung seluruh usulan program kerja yang akan dilaksanakan tahun berikutnya dari seluruh unit kerja di lingkungan ISBI Bandung. Pada prinsipnya kegiatan tersebut dilaksanakan agar terjadi keselarasan antara usulan program kerja dari unit kerja dengan visi, misi dan Indikator Kinerja Utama (IKU) ISBI Bandung yang tertuang dalam Renstra ISBI Bandung Tahun 2020-2024. 

Yusuf pun memaparkan  prosedur pelaksanaan musrendik dimulai dengan usulan program kerja, kemudian di reviu oleh tim reviewer yaitu Rektor, Wakil Rektor, Ketua SPI dan Kepala Biro. Setiap usulan program kerja harus dapat dikoordinasikan dan dikonsolidasikan sehingga terjadi sinergi antar unit kerja serta tidak melampaui tugas dan fungsi masing-masing unit kerja, pada akhirnya bila terjadi koordinasi dan konsolidasi yang baik antara pimpinan dan seluruh satuan unit kerja di lingkungan ISBI Bandung maka seluruh program kerja yang telah dibuat dan direncanakan dapat terlaksana secara baik, akuntabel dan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 

Namun walau demikian, hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme para peserta,  para peserta dari setiap unit kerja fokus memperhatikan arahan-arahan yang disampaikan pimpinan maupun panitia melalui video conference yang menggunakan aplikasi zoom. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor  dan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Direktur Pascasarjana, Kepala UPT, Kepala Biro, Kabag dan Kasubag di lingkungan ISBI Bandung

Kepala Biro akademik dan umum pada wawancara online menjelaskan  target capaian kinerja tahun 2021 sudah ditetapkan dalam Renstra 2020-2024. Salah satu program untuk mendukung itu adalah kegiatan Musrendik. Musrendik merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh ISBI Bandung, dimana pimpinan mewakili lembaga menjelaskan program dan target capaian 2021. Sementara itu proses bottom up usulan kegiatan dari unit kerja yang merupakan bagian dari entitas ISBI Bandung memberikan masukan terhadap lembaga “bagaimana cara” merealisasikan target tersebut. 

Melalui pelaksanaan Musrendik, target yang ingin dicapai ISBI Bandung adalah tersusunnya Program Prioritas Tahun 2021 yang mengacu kepada Renstra 2020-2024 dan beberapa kebijakan strategis dari pimpinan. Selain itu kinerja ISBI Bandung harus memenuhi kriteria kegiatan yang tercantum dalam Indikator Kinerja Umum  yang dicanangkan melalui Perjanjian Kinerja Tahun 2020 antara Rektor dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Perjanjian Kinerja tersebut seharusnya sudah ditandatangani oleh Rektor dan Menteri, seandainya tidak terjadi kondisi pandemic seperti saat ini.

Walaupun Perjanjian Kinerja tersebut masih berupa draft mengingat belum ditandatangani oleh kedua pihak, perjanjian kinerja yang disepakati pada Musrendik ini adalah:

PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2020

INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA (ISBI) BANDUNG

SASARAN STRATEGIS

INDIKATOR KINERJA

TARGET

1

2

3

1. Meningkatnya Standar Layanan Pembelajaran dan Kompetensi Mahasiswa melalui transformasi pembelajaran berbasis teknologi, kreativitas, dan produktivitas.

1. Jumlah mahasiswa berwirausaha

30

2. Persentase lulusan bersertifikat kompetensi dan profesi

80

3. Persentase prodi terakreditasi paling rendah B

60

4. Jumlah mahasiswa berprestasi

35

5. Persentase lulusan perguruan tinggi yang langsung bekerja

85

6. Ranking PT Nasional

580

7. Akreditasi Institusi

B

2. Meningkatnya Kualitas Penelitian dan Kekaryaan Seni (Karya Inovasi) dalam rangka pertemuan dan Pengembangan ilmu serta Pengabdian pada Masyarakat.

1. Jumlah publikasi nasional

40

2. Jumlah jurnal bereputasi terindeks nasional

2

3. Jumlah publikasi internasional

5

4. Jumlah Kekayaan Intelektual yang didaftarkan

25

3. Meningkatnya pelaksanaan konservasi, rekonstruksi, revitalisasi, kreativitas dan inovasi karya-karya seni budaya dengan akselerasi penerapan teknologi 

1. Jumlah karya inovatif seni

15

4. Meningkatnya Relevansi, Kualitas Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya

1. Persentase dosen berkualifikasi doktor (S3)

22

2. Persentase dosen dengan jabatan lektor kepala

27

3. Persentase dosen dengan jabatan guru besar

2

4. Persentase kuantitas tindak lanjut temuan BPK

0

5. Persentase tindak lanjut bernilai rupiah temuan BPK

0

  

Untuk mencapai tema tersebut, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama, Dr. Suhendi Afryanto, S. Kar.,MM mengatakan pimpinan akan melakukan fungsi kontrol per tahun anggaran dengan sistem evaluasi terpadu, terutama ketercapaian target program. Unit kerja yang akan melakukan fungsi kontrol ini adalah SPI untuk efisiensi penggunaan anggaran dan LP3M untuk penjaminan mutu serta standar pelayanan minimum.

Dengan demikian semua kegiatan di ISBI Bandung yang merupakan turunan dari beberapa program prioritas benar-benar bisa membawa kemajuan yang berarti dan bermanfaat bagi semua kalangan. 

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara