Info FSP

 
Fakultas Seni Pertunjukan mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta yudisium yang telah menyelesaikan studi dengan baik. Yudisium Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) dilaksanakan pada hari Senin tanggal 25 November 2019, pukul 10.00 - 12.00 WIB, Gedung Olah Seni Patanjala. Tingkat capaian kelulusan mahasiswa FSP dari tahun ke tahun semakin baik, tercatat bahwa mahasiswa FSP selain aktif dalam kegiatan akademik dan organisasi di kampus, juga telah menorehkan prestasi akademik maupun non-akademik baik di kancah nasional maupun internasional. Prestasi tersebut sangat mendukung dengan akan diberlakukannya SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). SKPI ini dikeluarkan untuk mendampingi ijazah dan transkrip akademik. Kalau ijazah merupakan bukti telah selesainya suatu jenjang pendidikan tertentu dan transkrip nilai adalah daftar nilai pencapaian selama menempuh perkuliahan, maka SKPI menerangkan kemampuan yang dibutuhkan sebagai prasyarat dalam persaingan dunia kerja dilihat dari latar belakang lulusannya.

Secara keseluruhan, mahasiswa yang mengukuti acara yudisium pada hari ini sejumlah 200 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut:
Jurusan Tari :  67 mahasiswa, Cumlaude 13 orang
Jurusan Karawitan :  91 mahasiswa, Cumlaude 14 orang
Jurusan Teater :  20 mahasiswa, Cumlaude  0  orang
Jurusan Musik :  22 mahasiswa. Cumlaude  5  orang

 

Apresiasi juga disampaikan kepada peraih IPK tertinggi saudari JULAEHA 3,76 Jurusan Karawitan dan DEARA JEMBAR PANGESTU 3,72 Jurusan Angklung dan Musik Bambu.

Pada sambutannya, Dekan FSP, Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn., menyatakan "Kini kita memasuki era disrupsi, yakni era terjadinya perubahan aktivitas dunia nyata bergeser ke dunia maya pada berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Digitalisasi di berbagai bidang memudahkan untuk menggali pengetahuan, belajar ilmu pengetahuan tanpa melibatkan dosen ataupun orangtua. Hal ini, sangat membantu pemahaman dalam bidang kognitif dan keterampilan. Dengan adanya disrupsi tersebut terdapat revolusi peran dosen  yang semula sebagai sumber belajar atau pemberi pengetahuan kini harus mampu menjadi mentor, fasilitator, motivator, dan inspirator dalam mengembangkan imajinasi, kreativitas, karakter, serta tim kerja pada generasi muda yang dibutuhkan pada masa depan. Namun, dalam bidang afektif, peran dosen tidak dapat digantikan dengan kecanggihan teknologi apapun. Kepribadian dosen yang baik sebagai teladan mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter. Fungsi dosen yaitu menanamkan nilai-nilai etika, karakter, kebijaksanaan, pengalaman, dan empati sosial karena fungsi tersebut tidak mungkin dilakukan oleh mesin. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada para dosen yang telah mengabdikan diri untuk membentuk generasi muda yang lebih unggul."

Alumni FSP ISBI Bandung adalah tenaga profesional yang tidak bisa digantikan dengan komputerisasi atau robotic. Harapan untuk tetap berkarya mempertahankan hidup akan jauh lebih baik dibandingkan bidang-bidang lainnya. Alumni FSP diharapkan dapat terus berkarya dengan identitas profesional yang telah dibekali dari masing-masing prodi yang ada di FSP ISBI Bandung. Kehadiran alumni menjadi energi bagi kemajuan FSP ISBI Bandung, oleh karena itu sillaturahmi akan terus dijaga dan diutamakan. 

Pesan kepada semua peserta yudisium, agar selalu menjaga nama baik almamater dan menjaga attitude dalam kehidupan di masyarakat sesuai dengan motto FSP MINTON, NUNGTUN SANTUN artinya melalui seni pertunjukan menggiring pada pola hidup estetik yang beretika. Manuk hiber ku jangjangna, jalma hirup ku akalna bral anaking geura miang sing teuneung tur ludeung ulah unggut kalinduan ulah gedag kaanginan. Dharma Bakti akan selalu ditunggu oleh keluarga dan masyarakat serta negara. Jangan pernah berhenti untuk belajar dan berkreatifitas karena hal tersebut  tidak hanya didapat dari dosen dan kampus saja, tetapi dari segala persoalan, kesukaran, lingkungan sekitar, juga menjadi sumber belajar untuk kesuksesan Saudara.

Pada akhir sambutannya, Dekan FSP, menyampaikan salam hormat kepada orang tua dan ucapan terimakasih atas kepercayaannya karena telah mengijinkan putra/putrinya kuliah di FSP ISBI Bandung. Permohonan maaf disampaikan juga terkait belum maksimalnya pelayanan, fasilitas, kurikulum, dan sebagainya. Namun demikian, dengan segala keterbatasan, semoga ilmu yang didapatkan menjadi bekal untuk menegakkan ketakwaaan, kebenaran, kejujuran, dan keberkahan dalam menjalani kehidupan.  

Sambutan ditutup dengan pantun sebagai berikut.

Dahar kupat dicampur santen.
Aya lepat neda dihapunten.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Tari
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Biro Akademik dan Umum

SIMPT