GAMELAN SUNDA MENJADI MAGNET GUANGXI RADIO AND TELEVISION TERBANG KE ISBI BANDUNG

GAMELAN SUNDA MENJADI MAGNET GUANGXI RADIO AND TELEVISION TERBANG KE ISBI BANDUNG

Seni Tradisional Indonesia khususnya karawitan Sunda, dalam hal ini Gamelan Sunda sudah sangat dikenal bahkan digemari di mancanegara, salah satunya adalah negara China. Perkembangan pesat Gamelan Sunda di negara China telah banyak dipelajari di beberapa Universitas Seni terkenal baik itu di Beijing, Shanghai, Guangxi maupun kota-kota besar atau provinsi lainnya. Jika kita telusuri lebih mendalam, Gamelan Sunda sudah mulai akrab dan digemari bahkan menjadi salah satu mata kuliah wajib di Guangxi Arts University, Kota Nanning Provinsi Guangxi, China.

Hal ini tidak terlepas dari peran salah satu alumni Institut Seni Budaya Indonesia Bandung Jurusan Karawitan angkatan 2005 yaitu Randy Geovani Putra yang akrab disapa Randy Gevenk. Ia telah hampir 8 tahun merantau di negeri tirai bambu tersebut untuk terus memperkenalkan karawitan sunda khususnya seni gamelan hingga sangat akrab di telinga para pelajar, mahasiswa bahkan masyarakat kota Nanning dan di seluruh kota yang ada di provinsi Guangxi. Hal tersebut didukung pula oleh berbagai media cetak maupun elektronik yang terus meliput dan memberitakan tentang Seni Gamelan ini. Bahkan tidak tanggung-tanggung, salah satu media elektronik terbesar di provinsi Guangxi yaitu Guangxi Radio and Television pun secara ekslusif datang ke ISBI Bandung pada September 2023 yang lalu. Mereka meliput Seni Gamelan dan mewawancarai beberapa seniman sekaligus dosen ISBI Bandung di bidang gamelan dan musik tradisional sunda diantaranya Dr. Lili Suparli, S.Sn., M.Sn., Dr. Suhendi, S.Kar., MM., Dr. Mohamad Yusuf Wiradiredja, S.Kar. M.Hum dan Dr. Dinda Satya Upaja Budi, S.Skar, M.Hum. Guangxi Radio and Television dalam wawancaranya, ingin mengetahui secara detil apakah ada perbedaan proses pembelajaran gamelan sunda di Guangxi Arts University dengan pembelajaran gamelan sunda di ISBI Bandung, bahkan salah satu reporter dari Guangxi Radio and Television yang sangat excited mendapatkan pengalaman estetik belajar menabuh alat musik demung dan memainkan musik gamelan yang langsung dibimbing oleh maestro gamelan Dr. Lili Suparli.

Selain itu, Guangxi Radio and Television juga mewawancarai salah satu mahasiswa dan alumni yang pernah berpartisipasi pada event China-ASEAN Music Festival yang diselenggarakan oleh Guangxi Arts University. Tak hanya sampai di situ saja, mereka juga meliput pertunjukan gamelan yang dimainkan oleh para mahasiswa, alumni, staf Laboran (Pangrawit) Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung. Saat diwawancarai oleh Guangxi Radio and Television, Randy Gevenk mengatakan bahwa dia sangat mendapat support dan motivasi dari dosen-dosen di Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung. Bahkan sekembalinya Guangxi Radio and Television ke Nanning, mereka wawancarai Rektor Guangxi Arts University yang berharap Guangxi Arts University dengan ISBI Bandung dapat terus menjalin komunikasi.

Liputan khusus ini juga ditayang di beberapa media lainnya seperti Guangxi TV, Guangxi News dan beberapa platform lainnya serta banyak diberitakan di berbagai media online (pemberitaan digital) yang dapat diakses di seluruh penjuru negeri tirai bambu.

Salam Seni dan Budaya!!

#ISBIBandung #FakultasSeniPertunjukanISBIBandung
#KarawitanSunda #SeniGamelan
#GuangxiArtsUniversity #GuangxiRadioandTelevision
#CentreofCreativityBasedonEmpoweringCulturalZone
#KampusMerdeka #MerdekaBelajar

Facebook
YouTube
Instagram