#Kamis_Penelitian : “Struktur dan Fungsi Kesenian Dzikir Berdah di Dusun Sungai Melayu Desa Muaro Jambi Kecamatan Muaro Sebo Kabupaten Muaro Jambi”

#Kamis_Penelitian : “Struktur dan Fungsi Kesenian Dzikir Berdah di Dusun Sungai Melayu Desa Muaro Jambi Kecamatan Muaro Sebo Kabupaten Muaro Jambi”

Halo, Para pejuang Seni dan Budaya!!

Kamis Manis, waktunya #Kamis_Penelitian

Kamis ini, kita akan membahas jurnal berjudul “Struktur dan Fungsi Kesenian Dzikir Berdah di Dusun Sungai Melayu Desa Muaro Jambi Kecamatan Muaro Sebo Kabupaten Muaro Jambi” oleh Khofifah, Prof. Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sn, dan Ibu Neneng Yanti Khozanatu Lahpan, S.Ag., M.Hum., Ph.D, Jurusan Antropologi Budaya, Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung.

Dzikir berdah adalah kesenian yang memiliki eksistensi yang konsisten. Pada perkembangannya, dzikir berdah menjadi salah satu kesenian ikonik yang menjadi ciri khas masyarakat Muaro Jambi. Namun sangat disayangkan data dokumentasi dzikir berdah dapat terbilang sangat minim, sehingga tidak banyak catatan tertulis yang membahas tentang kesenian ini. Berdasarkan hasil observasi, sangat sulit untuk mencari informasi tentang asal usul dzikir berdah yang berkembang pada masyarakat Dusun Sungai Melayu. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki data tertulis melainkan hanya sekedar informasi lisan saja.

Baca penelitian selengkapnya melalui website https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/etnika/index

Salam Seni dan Budaya!!

#ISBIBandung #FMBISBIBandung
#JurusanAntropologiBudaya
#DzikirBerdah #MuaroSebo #MuaroJambi
#CentreofCreativity #kampusmerdeka #merdekaBelajar

Facebook
YouTube
Instagram