#Selasa_MBKM : Magang MBKM Mandiri 2023, Program Kerja Fokus Pada Eksplorasi dan Pengembangan Keterampilan dalam Bidang Kepenulisan dan Publikasi Ilmiah di Platform Media Sosial

#Selasa_MBKM : Magang MBKM Mandiri 2023, Program Kerja Fokus Pada Eksplorasi dan Pengembangan Keterampilan dalam Bidang Kepenulisan dan Publikasi Ilmiah di Platform Media Sosial


Hilma Yulia Sumarna adalah Mahasiswa Jurusan Antropologi Budaya, Fakultas Budaya dan Media, ISBI Bandung, yang melaksanakan program magang MBKM Mandiri di Sanggar Seni Awi Sari, Yayasan Wulung Sari Wiragawi, Kampung Selaawi, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada bulan November-Desember 2023. Selaawi merupakan kampung yang berpotensial untuk dikembangkan khususnya karya yang berbahan baku bambu. Tidak hanya dijadikan sebagai seni kriya seperti kriya anyaman dan sangkar burung saja. Akan tetapi masyarakat Selaawi juga mengembangkan, menyosialisasikan serta memberikan edukasi tentang potensi bambu dalam seni pertunjukan. Atas dasar pertimbangan dan motivasi tersebut, maka masyarakat Selaawi mendirikan sanggar dengan nama Awi Sari untuk selanjutnya didaftarkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut.

Program kerja yang dilakukan oleh Hilma difokuskan pada eksplorasi dan pengembangan keterampilan dalam bidang kepenulisan dan publikasi ilmiah di platform media sosial Sanggar Seni Awi Sari. Sebagai mahasiswa jurusan antropologi budaya, tujuan utama Hilma adalah mengintegrasikan pemahaman mendalam tentang budaya dengan kemampuan menulis, serta mengaplikasikan pendekatan jurnalistik untuk menyampaikan wawasan budaya secara lebih luas kepada masyarakat melalui berbagai platform digital. Melalui magang ini, Hilma memperluas wawasan tentang bagaimana informasi budaya dapat diolah dan disajikan secara efektif kepada khalayak luas, sambil juga menjalankan praktik publikasi ilmiah yang mendukung pertukaran pengetahuan yang lebih luas di era digital saat ini.

Hasil dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama periode magang menunjukkan pencapaian Hilma di Yayasan Wulung Sari Wiragawi. Hilma mampu menjalankan tugas sebagai Staf Sekretaris, dan mengelola media sosial di setiap platform mitra. Selain itu, Hilma juga aktif terlibat dalam proses kreatif pembuatan konten yang berfokus pada aspek budaya, mengintegrasikan pengetahuan yang diperoleh dari riset yang mendalam dengan instrumen khas yang ada di Sanggar Seni Awi Sari, seperti musik bambu Wiragawi. Partisipasi dalam kegiatan rutin pelatihan tari tradisional dan seni karawitan di Sanggar Seni Awi Sari juga menggambarkan keterlibatan Hilma dalam dokumentasi, manajemen peserta, serta promosi kegiatan seni tradisional melalui platform media sosial Sanggar Seni Awi Sari.

Salam Seni dan Budaya!

#ISBIBandung #MBKMMandiri #SelaawiGarut
#SanggarAwiSari #YayasanWulungSariWiragawati
#CentreofCreativity #kampusmerdeka #merdekabelajar

Facebook
YouTube
Instagram