“Workshop dan Pendampingan Artikel Ilmiah: Memanfaatkan AI untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan di Jurnal Bereputasi”

“Workshop dan Pendampingan Artikel Ilmiah: Memanfaatkan AI untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan di Jurnal Bereputasi”

ISBI Bandung-Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ISBI Bandung menyelenggarakan kegiatan “Workshop & Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi” dengan tema “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Mendukung Penulisan Karya Ilmiah”. LPPM ISBI Bandung menghimbau para dosen untuk dapat berpartisipasi dengan mengunggah draf artikel yang dibuat pada link yang sudah disediakan. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung Rektorat Lantai 4 (empat) ISBI Bandung dengan dihadiri oleh dosen dari setiap jurusannya. (30/07/2024).

LPPM ISBI Bandung menghadirkan 2 narasumber yang luar biasa yakni Dr. Dana Waskita, M.App.Ling. dan Dr. Tri Sulistyaningsing, M.Hum. dari KK Literasi Budaya Visual, FSRD ITB. Tentunya, kegiatan ini memberikan banyak pengetahuan baru dan pandangan mengenai bagimana meningkatkan kualitas penulisan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi menggunakan AI. Terlihat antusias peserta yang tinggi saat mengikuti rangkaian kegiatan terutama saat sharing session. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para dosen saat eksekusi penulisan artikel di jurnal bereputasi dapat melakukannya dengan sempurna.

Ketua LPPM ISBI Bandung, Neneng Yanti Khozanatu Lahpan, S.Ag., M.Hum., Ph.Dv menerangkan bahwa penggunaan AI dapat meningkatkan kualitas penulisan artikel di jurnal bereputasi.

“Agar para dosen dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas dalam menulis artikel Ilmiah, Dengan memahami cara-cara dan strategi penulisan yang baik, termasuk mempelajari cara penggunaan AI untuk mendukung penulisan artikel ilmiah,” ujar Neneng.

Baginya kegiatan ini tentu memiliki harapan agar semakin banyak artikel ilmiah para dosen ISBI Bandung yang dihasilkan dapat layak dipublikasikan, baik pada jurnal nasional maupun internasional. Setelah workshop, para dosen yang sebelumnya telah mengumpulkan draf artikel, akan mendapatan Pendampingan Penulisan hingga tiga kali hingga tulisan para dosen layak dipublikasikan.

Salam Seni dan Budaya!

ISBI BANDUNG
Centre of Creativity

Facebook
YouTube
Instagram