ISBI Bandung

Kriya Seni

Program Studi Kriya Seni

Program Studi Kriya Seni (D3) ISBI Bandung merupakan kelanjutan dari Program Studi Kriya Seni pada waktu STSI Bandung. Penyelenggaraan Program Studi ini dibawah naungan Dirjen Dikti Kemenristek Republik Indonesia berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 186/Dikti/Kep/1997 yang memuat tentang pembentukan program D-III Kriya Seni.

Pada awal penyelenggaraannya pada tahun 1997 Program Studi ini membuka dua minat utama yakni Tata Rupa Panggung dan Tata Rupa Busana. Pada tahun 2000 diberlakukan kurikulum hasil revisi dengan menambah satu minat utama lagi yakni Tata Grafis. Tahun 2002, Program Studi Kriya Seni mempertajam dan memperluas peminatan dengan mengubah penyelenggaraan peminatan menjadi minat utama Desain panggung, Desain Busana dan Desain Grafis. Pada Tahun 2011 ketiga minat utama ini berubah lagi menjadi Tata Pentas, Tata Grafis dan Tata Busana. Sejak tahun 2013 peminatan Tata Busana dinonaktifkan karena dibentuk prodi baru D4 Tata Rias dan Busana yaang merupakan prodi mandat dari Dirjen dikti.

Program Studi Kriya Seni (S1) Home Decor Product, merupakan salah satu prodi yang memberikan bekal kompetensi professional entrepreneurship sebagai konseptor, perancang, pencipta dan kreator produk-produk elemen estetis interior yang inklusif dan adaptif terhadap kondisi zaman, serta aplikatif melalui interdisciplinary media bahan dan teknik penerapannya pada ruang perkantoran, pusat perbelanjaan (toko, mall, dan supermarket) restoran, cafe, rumah sakit, hotel, stasiun, bandara dan ruang event celeration lainnya.

Profil Lulusan Prodi

  • Mampu mencipta karya seni minat kriya, tata pentas dan tata grafis berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan kriya, serta dapat menyajikannya sesuai kebutuhan secara etis, estetis, dan profesional.
  • Mampu mengkomunikasikan gagasan/ide kriya seni minat kriya, tata pentas dan tata grafis karyanya secara komprehensif dan ilmiah melalui bentuk tulisan dan media lain.
  • Mampu mengembangkan dan meneliti fenomena di bidang kriya seni minat kriya, tata pentas dan tata grafis untuk pengembangan lebih lanjut.

Identitas Program Studi

Jenjang Pendidikan: Diploma 3 (D3) dan Sarjana (S1)
Gelar Pendidikan: Diploma 3 (A.Md.Sn) dan Sarjana (S.Sn)
Jumlah SKS: Diploma 3 (110 SKS) dan Sarjana (145 SKS)
Masa Studi: Diploma 3 (3 Tahun / 6 Semester) dan Sarjana ( 4 Tahun / 8 Semester)
Akreditasi: Klik disini!
E-mail:
Facebook
YouTube
Instagram