Pelepasan Mahasiswa Program MBKM Indonesian Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024 di University of Granada, Spanyol

Pelepasan Mahasiswa Program MBKM Indonesian Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024 di University of Granada, Spanyol

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) ISBI Bandung melaksanakan pelepasan mahasiswa program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Indonesian Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024 pada hari Selasa, pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Rektorat ISBI Bandung (13/08/24). Mahasiswa yang terpilih yaitu Bemby Hidayatullah, Jurusan Seni Teater, Fakultas Seni Pertunjukan, ISBI Bandung. Bemby terpilih menjadi perwakilan mahasiswa program MBKM IISMA 2024 selama 1 semester terhitung dari tanggal 29 Agustus – 20 Desember 2024 di University of Granada, Spanyol. Pelepasan ini dihadiri oleh Rektor ISBI Bandung Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bapak Indra Ridwan, S.Sos., M.Sn., M.A., Ph.D; Ketua Lembaga LP3M, Dr. Deni Yana, S.Sn., M.Sn; Sekretaris LP3M, Ibu Djuniwarti, S.Si., M.Sn; dan Koordinator MBKM IISMA dan Luar Negeri, Ibu Ega Fausta, M.Sn.

Menurut Bemby, dirinya merasa senang dan bersemangat untuk program IISMA 2024. Program ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas sebagai bagian dari komunitas seni. Selain itu, Bemby berkomitmen untuk membawa semangat dan nilai-nilai seni ISBI Bandung ke Internasional.

“Saya merasa sangat senang dan dihargai dengan adanya acara pelepasan IISMA ini. Sebagai perwakilan ISBI Bandung dalam Program IISMA, saya merasa sangat terhormat dan bersemangat. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas sebagai bagian dari komunitas seni. Saya berkomitmen untuk membawa semangat dan nilai-nilai ISBI Bandung, serta memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas wawasan dan jaringan. Semoga program ini berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi semua pihak yang terlibat,” ujarnya.

Program IISMA diselenggarakan oleh Kementerian, Pendidikan, dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia sejak tahun 2021. Namun tahun ini merupakan kali pertama ISBI Bandung mengikuti program IISMA. Seleksi IISMA ISBI Bandung diikuti oleh 2 orang peserta, namun yang lolos hanya 1 orang. 

Koordinator MBKM IISMA dan Luar Negeri sekaligus dosen Jurusan Angklung dan Musik Bambu, Fakultas Seni Pertunjukan, ISBI Bandung, Ibu Ega Fausta, M.Sn menuturkan bahwa ada beberapa tahapan seleksi yang harus peserta ikuti untuk lolos program IISMA.

“Penilaian IISMA dilaksanakan secara bertahap. Diawali dengan proses seleksi administrasi yang didalamnya menyertakan berbagai dokumen mulai dari transkrip nilai, hasil tes Bahasa Inggris (Duolingo atau IELTS) beserta surat rekomendasi dari Prodi dan KUI instansi. Mahasiswa yang lolos administrasi akan melanjutkan ke tahap wawancara. Wawancara dilakukan secara online head to head 1 mahasiswa oleh 1 interviewer. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat essay atau portofolio dalam Bahasa Inggris yang berisi tentang biodata pribadi, lebih khusus pada berbagai prestasi yang didapat oleh peserta serta tujuan dan motivasi mengikuti IISMA. Setelah semua tahapan seleksi dinyatakan lolos, selanjutnya diadakan pelatihan dan pembekalan untuk mempersiapkan diri pada keberangkatan ke negara tujuan,” tuturnya.

Ibu Ega juga menambahkan bahwa kelulusan Bemby didukung oleh beberapa faktor, terutama kemampuan Bahasa Inggris yang memang sudah sangat bagus. Selain itu, Bemby juga memiliki motivasi tinggi dan telah mencari informasi tentang IISMA sejak SMA.

Dengan keikutsertaan ISBI Bandung mengikuti program IISMA di tahun pertama ini, semoga membawa dampak positif kedepannya untuk semakin banyak melahirkan mahasiswa-mahasiswi berprestasi lainnya yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Salam Seni dan Budaya!

ISBI Bandung
Centre of Creativity

Facebook
YouTube
Instagram