Siaran Pers : Pembekalan Peserta KKN ISBI Bandung Tahun 2024

Siaran Pers : Pembekalan Peserta KKN ISBI Bandung Tahun 2024

PDF Siaran Pers dapat dilihat di SINI

SIARAN PERS NO 195/IT8.2.KSHM/HM.01.03/2024
INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA (ISBI) BANDUNG

PEMBEKALAN PESERTA KKN ISBI BANDUNG TAHUN 2024

Bandung, 10 Juli 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung kembali menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024. Sebelumnya para peserta KKN diwajibkan mengikut Kegiatan Pembekalan KKN dengan mengangkat tema “Pengembangan Objek Pemajuan Kebudayaan melalui Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Bandung Barat” yang akan dilaksanakan pada Rabu, 10 Juli 2024 di Gedung Kesenian Sunan Ambu ISBI Bandung. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai tugas dan pengabdian yang akan dikerjakan, pengenalan desa sebagai lokasi KKN serta pembekalan untuk selalu menjaga etika, norma dan adab selama KKN termasuk interaksi dengan masyarakat.

Kegiatan ini akan dibuka oleh Rektor ISBI Bandung Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum. dan Ketua LPPM ISBI Bandung Neneng Yanti Khozanatu Lahpan, S.Ag., M.Hum., Ph.D. memberikan pengantar pembekalan. LPPM ISBI Bandung menghadirkan 2 orang narasumber pada kegiatan pembekalan KKN kali ini yakni Poppy Savitri yang pernah menjabat sebagai Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif (Bekraf) periode 2015-2019 dan Hernandi Tismara, S.Sos., M.Si. Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat.

Program KKN ini akan berlangsung dari tanggal 18 Juli s.d 22 Agustus 2024 di sejumlah desa di Kabupaten Bandung Barat. Peserta KKN ISBI Bandung tahun ini tercatat sebanyak 314 orang dari 5 program studi yakni Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Teater, Seni Rupa dan Desain serta Antropologi Budaya. Semua peserta dibagi menjadi 26 kelompok yang akan ditempatkan di 26 desa yang berada di 4 kecamatan Kabupaten Bandung Barat. Masing-masing kelompok tersebut didampingi oleh 1 orang Dosen Pembimbing Lapangan.

Berikut sebaran peserta KKN ISBI Bandung Tahun 2024 di 26 desa, yaitu:
1. Kecamatan Cipatat
a. Desa Cipatat, 12 orang
b. Desa Citatah, 12 orang
c. Desa Gunung Masigit, 12 orang
d. Desa Cirawamekar, 12 orang
e. Desa Rajamandala Kulon, 12 orang
f. Desa Nyalindung, 13 orang

2. Kecamatan Saguling
a. Desa Cikande, 13 orang
b. Desa Bojong Haleuang, 12 orang

3. Kecamatan Padalarang
a. Desa Jayamekar, 12 orang
b. Desa Ciburuy, 12 orang
c. Desa Tagog Apu, 12 orang
d. Desa Campaka Mekar, 11 orang
e. Desa Padalarang, 12 orang
f. Desa Kertamulya, 12 orang
g. Desa Kertajaya, 12 orang
h. Desa Cipeundeuy, 12 orang
i. Desa Laksanamekar, 12 orang
j. Desa Cimerang, 12 orang

4. Kecamatan Ngamprah
a. Desa Bojong Koneng, 13 orang
b. Desa Ngamprah, 12 orang
c. Desa Sukatani, 12 orang
d. Desa Mekarsari, 12 orang
e. Desa Margajaya, 12 orang
f. Desa Cilame, 12 orang
g. Desa Cimareme, 12 orang
h. Desa Gadobangkong, 12 orang

Dengan pembekalan KKN yang matang, diharapkan para peserta KKN dapat melaksanakan program ini dengan lebih baik, memberikan kontribusi yang positif kepada masyaraka khususnya di bidang seni dan budaya, serta mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang berharga.

Centre of Creativity
Based on Cultural Engineering

Facebook
YouTube
Instagram