Siaran Pers : Pelaku Seni Teater Mengusung Tema “Daulat Pangan Mati Terbunuh Di Tanah Subur” Pada Peringatan Hari Teater Sedunia 2024

Siaran Pers : Pelaku Seni Teater Mengusung Tema “Daulat Pangan Mati Terbunuh Di Tanah Subur” Pada Peringatan Hari Teater Sedunia 2024

PDF Siaran Pers dapat dilihat di SINI

SIARAN PERS NO 106/IT8.2.KSHM/HM.01.03/2024
INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA (ISBI) BANDUNG

PELAKU SENI TEATER MENGUSUNG TEMA “DAULAT PANGAN MATI TERBUNUH DI TANAH SUBUR” PADA PERINGATAN HARI TEATER SEDUNIA 2024

Dalam rangka memperingati hari Teater Sedunia pada 27 Maret 2024, Keluarga Mahasiswa Teater (KMT) ISBI Bandung mengundang komunitas teater serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) se-Bandung Raya untuk bersama-sama menggelar pertunjukan teater. Pembukaan perhelatan serta ruang pertunjukan digelar pada bagian depan Gedung kantor Gubernur Jawa Barat, Kota Bandung pada pukul 16.00 WIB maka dari itu, pertunjukan dapat disaksikan secara langsung oleh khalayak. Agenda pertunjukan yang disajikan secara bergiliran oleh pelaku seni dengan menggunakan alur cerita yang mengisahkan rakyat semakin kesusahan dan kelaparan. Pertunjukan dikemas berdasarkan kondisi sistematika geopolitik terkini di Indonesia dengan mengusung tema “Daulat Pangan Mati Terbunuh di Tanah Subur” dan “Leuleumpunkan Darurat Pangan” merupakan tajuk penyajian oleh KMT ISBI Bandung. Bentuk yang dilakukan merupakan sebuah wewenang untuk menyadari atas krisis pangan yang mengkhawatirkan pun menuntut kesadaran bagi seniman teater bahwa seniman patut mempunyai pola piker kritis.

Penjelasan oleh Ketua Pelaksana, Syam Muhamad bahwa perhelatan secara berkala diselenggarakan dengan skema yang berbeda, demikian Aji merupakan Ketua KMT ISBI Bandung menyampaikan informasi bahwa, Mahasiswa teater ISBI Bandung mempunyai cara yang berbeda dalam menyampaikan suara terkait isu-isu terkini dengan menuangkan karya teater. Perlehatan yang diselenggarakan merupakan wadah para Tokoh pun Aktor dengan upaya mengembangkan dan menuangkan ekspresi yang tertanam dalam jiwa untuk disalurkan sesuai potensi yang sudah dibentuk sedemikian rupa dan disajikan kepada khalayak. AJi pun menciptakan pola pikir dengan melakukan diskusi bersama dalam perhelatan puncak dalam mengangkat isu “Bagaimana teater pada realita sosial dan pendekatan sosial dengan lingkungan masyarakat, serta bagaimana proses untuk penggiat seni khususnya bidang teater agar menjadi suatu pertunjukan diatas panggung”, serta sajian pertunjukan yang bertajuk “Tenda Militer” dengan kata lain Temu Canda Milik Teater yang berlokasi di depan Gedung Kesenian Sunan Ambu ISBI Bandung.

Perhelatan menjadi sebuah pemanfaatan oleh para pelaku seni teater dengan menyampaikan pesan terhadap masyarakat untuk mengupayakan tetap terjaga kelestarian dan mencintai kebudayaan yang telah diciptakan oleh nenek moyang, serta memiliki pola pikir kritis terhadap berbagai keadaan yang terjadi. Terlebih, pelaku seni membubuhkan harapan kepada pemerintah khususnya Kota Bandung untuk melakukan pendukungan secara penuh terhadap seni teater, sebab segelintir sarana dan prasarana yang diterima para pelaku seni khususnya dari Kota Bandung sulit untuk dipergunakan pada saat pelaksanaan. Kendati dipandang sebelah mata, pelaku seni teater mengajuakan permohonan untuk khalayak atas kesadaran, keyakinan, bahwa kesenian, merupakan perihal yang sangat penting dan akan membawa kebanggaan.

Harapan dari dampak yang dihasilkan dari perhelatan peringatan hari Teater Sedunia 2024, menjadi sebuah pemantik bagi yang turut berpartisipasi dalam perhelatan.

Facebook
YouTube
Instagram